oleh

USAID PRIORITAS Banten Training 60 Dosen

Kabar6-Pembelajaran efektif dan interaktif menjadi salah satu yang di fokuskan pada training para dosen yang dihelat USAID PRIORITAS Banten di salah satu hotel di kawasan Serpong Utara, Tangerang Selatan (Tangsel) Selasa (02/09/2014).

Training ini berisikan konsep pengajaran dan wawasan tepat guna serta mematangkan mental para dosen, untuk kemudian ditularkan kepada para mahasiswa di kampusnya masing-masing.

Teacher Training Institute Development Spesialist (TTI DS) USAID PRIORITAS Banten, John Pahamdzah mengatakan, pembekalan mumpuni untuk para dosen, merupakan kunci prioritas untuk menghasilkan tenaga pendidik handal bagi para mahasiswanya.

“Dosen-dosen yang telah dipersiapkan dengan pembekalan mumpuni, selanjutnya akan kembali mengajar di kampusnya masing-masing dengan mempraktekkan semua pembekalan yang telah diberikan,” katanya kepada kabar6.com.

Namun, kata Pahamdzah, pihaknya akan tetap melakukan pendampingan dan evaluasi-evaluasi pada kurun waktu tertentu terhadap para dosen tersebut.

“Kami akan melakukan pendampingan dan evaluasi terhadap para dosen. Semua itu bertujuan agar mereka (dosen) dapat menetaskan calon-calon guru yang handal di masa yang akan datang,” tegasnya.

Rohman, Dosen Bahasa Inggris IAIN Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Serang, yang turut menjadi peserta mengatakan, training para dosen ini dikemas apik sehingga mudah dimengerti dan di praktekkan.

Pelatihan ini disuguhkan, untuk mematangkan para dosen yang diharapkan dapat menetaskan calon-calon guru handal di masa yang akan datang. “Ini merupakan pembekalan untuk para dosen dalam proses belajar mengajar yang efektif kepada mahasiswa jurusan ilmu pendidikan,” terangnya.

Selanjutnya, para peserta (Dosen), akan diberikan kesempatan untuk praktik mengajar langsung di SMPN 16 Kota Tangsel, SMPN 20 Kota Tangsel, dan MTs Ar-Rahmaniyah Kota Tangsel. Dalam sesi tersebut, para dosen akan menguji langsung pengetahuan yang mereka peroleh dalam pelatihan. **Baca juga: Peranan Indonesia dalam Percaturan Politik Global.

Diketahui, pelatihan ini dihadiri oleh 60 dosen dari konsorsium enam Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK). Yakni, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), IAIN Sultan Maulana Hasanuddin, Universitas Mathlaul Anwar (Unma), Universitas Banten Jaya (Unbaja), STKIP Setiabudi, dan Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT).(fitrah)

Berita Terbaru