oleh

Usai Raih Adipura Kencana, Warga Kota Tangerang Protes TPA Liar

Kabar6-Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah liar di belakang gedung BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) di Kelurahan Selapajang, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang menggelar, diprotes warga.

Bahkan hari ini, Senin (16/6/2014), puluhan warga sekitar menggelar aksi demo sambil memblokir akses menuju TPA liar tersebut, dengan menggembok pintu pagar menuju lokasi. Keberadaan TPA Liar itu juga berada persis disebelah Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

“Kami sudah tidak kuat lagi. Setiap hari truk-truk bermuatan sampah dari luar wilayah membuang ke lokasi tempat sampah liar itu. Dan, menimbulkan bau tak sedap. Ini tentu akan menganggu kesehatan kami warga disini,” ujar Sahroni, salah seorang warga sekitar.

Menurut Sahroni, sedianya warga sudah melaporkan keberadaan tempat sampah liar itu kepada Camat setempat. Warga meminta agar tempat sampah liar itu segera ditutup. Tapi, sampai Kota Tangerang mendapat anugerah Adipura Kencana, tempat sampah liar itu masih dibiarkan begitu saja.

“Dulu kami minta camat menutup saat sampahnya masih belum banyak. Tapi sekarang, sampah di lokasi itu sudah menggunung, dan memicu bau tak sedap,” ujar Sahroni lagi.

Sementara, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Tangerang, Ivan Yudianto membenarkan bila keberadaan TPA di Selapajang tersebut adalah liar. Pihaknya akan segera menutup TPA tersebut dalam waktu dekat.

“Dari enam TPA yang ada, kita sudah tutup empat. Sekarang tinggal dua lagi. Salah satunya di belakang BNP2TKI. Kita akan berkejasama dengan istansi terkait untuk menutup semua TPA ilegal yang ada di Kota Tangerang,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, penghargaan paling bergengsi di bidang lingkungan ini diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI Boediono dan diterima oleh Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah pada peringatan Hari Lingkungan Hidup di Istana Wakil Presiden, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (5/6/2014) lalu.

Dalam penilaian yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Dewan Pertimbangan Adipura, Kota Tangerang dinilai berhasil meraih penghargaan Adipura Kencana katagori kota metropolitan bersama kota Surabaya dan kota Palembang. **Baca juga: Adipura Kencana Diarak Keliling Kota Tangerang.

Penghargaan Adipura Kencana ini merupakan penghargaan kedua kalinya, setelah sebelumnya penghargaan serupa juga diterima oleh kota berjuluk akhlakul karimah ini.(Ali)

Berita Terbaru