oleh

Usai Lebaran Pedagang Mainan Anak-anak Panen

Kabar6- Usai lebaran penjual mainan anak-anak laris manis diburu. Siklus ini hampir setiap tahun usai lebaran selalu ada mainan baru dan langsung ngetren dikenal kalangan anak-anak.

Salah satu penjual mainan anak-anak di bilangan Pamulang, Popy (30) menuturkan sejak lebaran tokonya buka terus hingga Sabtu (01/07/2017) sebagaimana sudah diprediksi akan ramai, seperti tahun-tahun sebelumnya. hal ini terjadi karena usai perayaan lebaran anak-anak punya uang banyak.

“lebaran biasanya anak-anak punya uang yang dikumpulkan dari pemberian sanak family. Mereka biasanya berburu mainan kesukaan atau mencari mainan jenis baru,” katanya.

Tahun ini ada mainan baru yang sedang ngetren yakni spinner. Permainan ini sepintas tidak punya kelebihan apa-apa bahkan Popy sendiri mengaku heran anak-anak pada suka. Cara memainkan permainan ini cukup diputar pada ujung pangkal dari benda yang berbentuk segitiga.

“Cara mainnya cukup diputar saja. Ada pilihan menggunakan lampu dan tidak. Yang ada lampunya kalau mutar keluar sinarnya dengan warna warni. Mungkin itu yang membuat anak-anak tertarik,” tambah ia.

Harga spinner mulai dari Rp 20 hingga 60 ribu. Permainan ini sudah keluar sejak beberapa bulan lalu dan hingga kini masih digandrungi. Biasanya permainan-permainan yang ramai diburu setelah keluar di berbagai media televisi atau internet. 

“Setiap tahun selalu berganti-ganti. Cara mereka tahu ada permainan dari internet lalu mencari di toko-toko mainan anak,” sambungnya.

Ada banyak permainan, misalnya kartu pokemon, uno dan kartu-kartu karakter lain pun tak luput diburu. Mobil remot atau mobil batrai termasuk boneka barbie, dan puluhan macam mainan yang dipajang ditokonya itu hilir mudik pembeli tak pernah reda.

“Hitungan gampangnya kalau hari biasa pembeli per hari dua puluh orang, setelah lebaran bisa naik dua kali lipat. Berkah tersendiri libur lebaran seperti ini,” tukas ia.

Tak hanya ditoko-toko kecil yang ramai, pedagang mainan anak, namun dipsatikan di kawasan Pasar Gembrong Jatinegara Jakarta Timur pun pasti ramai diburu orang. Biasanya berita-berita televisi selalu menayangkan keunikan seperti ini terjadi di Jakarta dan sekitarnya.

“Mungkin warga yang di daerah Jakarta pasti larinya ke pasar mainan anak di Jatinegara yang sering ditayangkan di televisi. Kalau di wilayah pinggiran warga datang ke toko-toko terdekat,” imbuh ia.

Mulyadi (44) salah satu pembeli mainan, menuturkan, musim libur lebaran biasanya disibukan bersama keluarga, jalan-jalan atau silaturahmi. Anak salah satu yang diutamakan, pastinya orangtua ingin anak-anaknya senang bisa bermain. “Cari mainan anak, kesukaan dia biasanya mobil-mobilan supaya awet yang tidak pakai batrai karena suka jatuh,” katanya.

Yang pasti kata ia, cari mainan yang aman tidak membahayakan anak. Orangtua harus memilihkan permainan anak yang aman dan nyaman, tujuanya untuk menyenangkan mereka. “Beberapa tahun lalu mungkin banyak orang ingat permainan tembak-tembakan menggunakan peluru bulat dan itu sangat berbahaya anak. Kejadianya persis setelah lebaran banyak berita di televisi di berbagai daerah maka itu perlu memilihkan permainan yang aman,” pesan Mulyadi. (yud/cep)

Berita Terbaru