oleh

Usai Lebaran, Gastroenteritis Serang Warga di Tangsel

Kabar6-Jumlah pasien di Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pascalebaran Idul Fitri 1434 Hijriah diklaim melonjak tajam.

Mayoritas pasien yang membutuhkan perawatan medis karena mengeluhkan gangguan pencernaan pada bagian (gastroenteritis).

“Lima hari sebelum lebaran jumlahnya sebanyak 176 pasien. Sedangkan lima hari setelah hari raya Idul Fitri ada 664 pasien,” klaim Humas RSU Kota Tangsel, Umi Kulsum kepada wartawan, Kamis (15/8/2013).

Penyebab gastroenteritis yang paling umum, terang Umi, adalah akibat saluran pencernaan terinveksi virus. Biasanya virus tersebut terdapat pada makanan dan minuman yang dikonsumsi pasien.

Akibat penyakit gastroenteritis ini, kata dia, pasien merasakan mual, kulit kering, muntah-muntah, diare hingga dehidrasi. “Alhamdulliah kami bisa tangani,” jelasnya.

Menurutnya meskipun ada peningkatan pasien dari mulai H-5 Lebaran hingga H+5, pihak RSU sudah mempersiapkan semuanya. Seperti pelayanan pasien, perawat, kamar dan obat-obatan.

“Untuk ketersediaan obat dan pelayanan untuk pasein meskipun dalam suasana Leba­ran, tidak ada masalah, karena obat sudah distok sejak jauh-jauh hari, sehingga tidak ada kekurangan obat meski jumlah pasien meningkat drastis,” terangnya.

Sementara, sambung Umi untuk tenaga pelayanan meskipun dalam hari raya, perawat dan dokter selalu disiapkan selama 24 jam.

“Kalau untuk pasien kecelakaan lalu lintas selama mudik hanya dua orang. Itupun hanya luka ringan dan tidak dirawat inap,” terangnya.(yud)

 

 

Berita Terbaru