Home / Aneka Berita / Sehat / Usai Diet Berat Badan Bertambah, Ini Sebabnya
Ilustrasi/bbs

Usai Diet Berat Badan Bertambah, Ini Sebabnya

Kabar6-Memiliki berat badan ideal tentu menjadi sesuatu yangg diinginkan banyak orang. Salah satunya didapat dengan menjalankan diet ketat. Sayangnya, tidak sedikit orang yang gagal mempertahankan berat badan usai diet.

Bahkan, beberapa orang justru mengalami kenaikan berat badan. Mengapa hal itu bisa terjadi? Melansir News, ini dia penyebab berat badan usai diet mengalami kenaikan:

1. Kehilangan fokus
Rutinitas yang padat terkadang membuat seseorang tidak lagi fokus pada jenis makanan yang dikonsumsinya. Ini adalah salah satu alasan paling umum berat badan kembali naik. Bila penyebabnya adalah hak ini, cobalah untuk merancang program penurunan jangka panjang. Meskipun penurunannya menjadi lebih lambat, setidaknya bisa membantu untuk menjaga dan mengontrol berat badan tetap stabil.

2. Belum mengatasi masalah
Terkadang seseorang menjadi tidak terkendali untuk mengonsumsi makanan karena sedang menghadapi masalah tertentu. Misalnya merasa kesepian, cemas, atau berada dalam hubungan yang tidak bahagia. Bila Anda adalah tipe orang yang menyalurkan emosi dari perasaan dan pikiran melalui makanan, segera temui profesional untuk berkonsultasi dan mengatasi masalah emosi tersebut.

3. Kelaparan
Bila Anda sering menahan lapar maka dapat berdampak buruk terhadap berat badan. Kelaparan berlebih dapat membuat seseorang kekurangan kalori, karbohidrat, atau protein. Pada akhirnya dia akan makan dengan tidak terkontrol untuk mengatasi rasa laparnya.

4. Melupakan latihan
Membatasi jumlah kalori yang masuk bukanlah satu-satunya cara untuk menjaga berat badan tetap ideal. Tubuh juga harus tetap aktif sehingga apabila Anda melupakan latihan besar kemungkinan berat badan akan bertambah kembali. Lakukanlah olahraga secara rutin untuk meningkatkan metabolisme dan membakar kalori lebih banyak.

5. Tidak memiliki rencana mempertahankan berat badan
Kunci untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya adalah memiliki rencana transisi yang memungkinkan seseorang kembali makan teratur tapi tidak menghancurkan usaha kerasnya untuk menurunkan berat badan. Dalam hal ini, seorang ahli gizi dapat membantu untuk membuatkan rencana. ** Baca juga: Mengapa Antibiotik dari Dokter Harus Dihabiskan?

Pernahkan Anda mengalami kenaikan berat badan usai diet? (ilj/bbs)

Check Also

Benarkah Cokelat Memang Baik untuk Kesehatan?

Kabar6-Tidak hanya lezat, cokelat pun bisa meningkatkan mood. Cokelat mengandung sejumlah bahan kimia yang menghambat ...