oleh

Usahakan Kuku Tangan Selalu Pendek Selama Pandemi COVID-19

Kabar6-Tidak hanya rajin mencuci tangan memakai sabun, ada satu hal lagi yang tak kalah penting untuk meminimalisir penularan COVID-19, yaitu menjaga kuku tangan agar selalu pendek atau tidak memelihara kuku.

Anda disarankan untuk rajin menggunting kuku sehingga tidak menjadi sarang bakteri maupun virus. Hal ini karena bakteri, virus, kotoran, sangat mudah hidup dalam kuku.

Artinya, apabila Anda tak sengaja menggigit kuku tangan, kemungkinan besar bakteri maupun virus akan berpindah ke mulut. Gunakan juga sikat kuku setiap kali mencuci tangan.

Sementara itu, banyak pula yang menyarankan untuk menggunakan hand sanitizer tangan secara rutin. Namun hal ini dinilai tidak efektif jika memiliki kuku panjang.

Sebelumnya, melansir Dailymail, seorang spesialis alergi dan penyakit menular di Langone Medical Center dari Universitas New York bernama Purvi Parikh, mengeluarkan peringatan tentang kebiasaan menggigit kuku dapat secara serius meningkatkan risiko tertular COVID-19.

Parikh mengatakan, semua jenis bakteri, virus, kotoran, dapat terkumpul di bawah kuku dan memungkinkan untuk berpindah ke mulut ketika tak sadar menggigit kuku terutama jika tidak mencuci tangan dengan benar.

“Setiap kali Anda menyentuh wajah Anda, terutama mulut, hidung, dan mata Anda. Anda memindahkan semua kuman itu, dan Anda bisa jatuh sakit,” jelasnya. ** Baca juga: Berisiko Bagi Kesehatan, WHO Tidak Sarankan Penyemprotan Disinfektan Langsung ke Tubuh

Ditambahkan, “Ada begitu banyak infeksi yang terjadi di sekitar tahun ini, dari bakteri ke virus ke flu. Tapi selain itu, mengingat sekarang kita memiliki (virus) ini, ada lebih banyak alasan untuk tidak menggigit kuku Anda.”

Perhatikan kebersihan kuku tangan agar tidak menjadi sarang virus dan bakteri.(ilj/bbs)

Berita Terbaru