oleh

Untuk Tempat Tinggal, Ini Kota Termahal di Dunia

Kabar6-Berdasarkan laporan dua tahunan yang baru dirilis oleh Economist Intelligence Unit (EIU), Kota Tel Aviv di Israel, ditetapkan sebagai kota termahal di dunia untuk sebagai tempat tinggal.

Tel Aviv ‘melompat’ ke daftar teratas dari tempat kelima tahun lalu, untuk pertama kalinya berdasarkan indeks biaya hidup dunia EIU Desember 2021. Menurut EIU, melansir Sindonews, Tel Aviv naik peringkat karena kenaikan mata uang Israel, Shekel, terhadap dolar didukung oleh keberhasilan peluncuran vaksin COVID-19 yang merupakan salah satu tercepat di dunia.

Diketahui, Shekel Israel naik empat persen terhadap dolar AS tahun ini pada awal bulan lalu, yang mendorong harga barang melonjak hampir sepersepuluh, dengan biaya makanan dan transportasi paling terpukul.

Paris yang merupakan ‘juara’ tahun lalu turun ke urutan kedua, diikuti oleh Singapura. Di antara kota-kota lain dalam 10 besar termahal, berturut-turut adalah Zurich, Hong Kong, New York, Jenewa, Kopenhagen, Los Angeles, dan Osaka. Ibu Kota Italia, Roma, peringkatnya terjun bebas di tengah penurunan harga makanan dan pakaian.

Sementara itu, kota dengan pertumbuhan tercepat adalah Ibu Kota Iran, Teheran, yang melonjak 50 peringkat ke nomor 29, di tengah kekurangan dan kenaikan harga akibat sanksi Amerika Serikat (AS).

Sedangkan Damaskus, Suriah menduduki peringkat kota paling murah dalam survei tersebut. ** Baca juga: Seekor Piton Ditemukan Melingkar di Kaca Spion Depan Mobil yang Ditinggal Pemiliknya Piknik di Australia

Secara keseluruhan, survei EIU menunjukkan bahwa kemacetan rantai pasokan, perubahan permintaan konsumen, dan perubahan nilai tukar mata uang selama setahun terakhir telah meningkatkan biaya hidup di banyak kota terbesar di dunia, dan analis memperkirakan harga akan naik lebih lanjut di tahun mendatang.

Kenaikan terbesar terjadi pada sektor transportasi, dengan rata-rata harga bensin per liter naik 21 persen. Menurut angka EIU, tingkat inflasi harga yang dilacaknya saat ini tercatat tercepat dalam lima tahun terakhir, melonjak dari 1,9 persen pada 2020 menjadi 3,5 persen tahun ke tahun pada September 2021.

Survei EIU menila biaya hidup di 173 kota global dan membandingkan harga lebih dari 200 produk dan layanan sehari-hari.(ilj/bbs)

Berita Terbaru