oleh

Untuk Pertama Kalinya Perusahaan di Prancis Jual Jantung Buatan pada Pasien Asal Italia

Kabar6-Sejak berdiri pada 2008, sebuah perusahaan di Prancis bernama Carmat untuk pertama kalinya berhasil menjual jantung buatan untuk manusia produksi mereka yang digunakan oleh seorang pasien asal Italia.

Disebutkan, pasien Italia tersebut sedang menunggu transplantasi organ. “(Operasi) Dilakukan oleh tim yang dipimpin ahli bedah jantung, Ciro Maiello, di Rumah Sakit Azienda Ospedaliera dei Colli di Naples, salah satu rumah sakit dengan banyak pengalaman di bidang jantung buatan di Italia,” demikian pernyataan Carmat.

Carmat, melansir republicworld, sudah mendapatkan pengakuan CE Eropa pada Desember 2020 untuk menjual jantung buatan Aeson sebagai jembatan menuju transplantasi. Dengan mendapat CE, suatu produk dianggap telah memenuhi persyaratan standar keselamatan, kesehatan, dan perlindungan lingkungan Uni Eropa.

Biaya operasi pemasangan jantung buatan itu sendiri mencapai sekira Rp2,5 miliar yang ditanggung sistem kesehatan regional. Pihak Carmat mengungkapkan, penjualan komersial pertama jantung buatan ini menandai tonggak bersejarah yang membuka babak baru bagi perusahaan.

Carmat berharap akan mendapatkan lebih banyak klien di Prancis dan Jerman pada akhir tahun. Seorang juru bicara Carmat mengatakan, ini merupakan kali pertama jantung buatan dipasangkan pada manusia di luar uji klinis.

Pada 15 Juli, Carmat mengumumkan implan pertama jantung Aeson ke seorang pasien di Duke University Hospital, Durham, North Carolina, Amerika Serikat, bagian dari studi klinis. ** Baca juga: Tradisi Ka’el Suku Bodi di Afrika Timur Mencari Pria dengan Perut Buncit

Perusahaan mencari 10 pasien untuk ambil bagian dalam penelitian yang sudah mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS.(ilj/bbs)

Berita Terbaru