oleh

Untuk Penelitian, Sebuah Rumah Sakit di Tiongkok Butuh Sampel Darah 100 Perawan

Kabar6-Warga sekitar heboh setelah Peking University Cancer Hospital, Tiongkok, mengeluarkan pengumuman yang berisi permintaan darah wanita. Disebutkan, rumah sakit dan pusat penelitian itu meminta sampel darah 100 wanita usia 18-24 tahun.

Namun bukan sembarangan pendonor, melansir SCMP, syarat yang ditetapkan adalah wanita yang menyumbangkan darah harus perawan. “Perjaka tidak diperlukan, hanya untuk wanita, digunakan untuk ilmu pengetahuan,” demikian tulisan di salah satu media sosial Tiongkok.

Seorang juru bicara rumah sakit bernama Guan Jiuping menegaskan, pengambilan sampel darah ini tidak ada hubungannya dengan ritual tertentu atau pengorbanan perawan.

Rupanya, peneliti di rumah sakit tersebut bertujuan untuk meneliti human papilloma virus (HPV). Virus tersebut dapat menyebabkan kutil di daerah intim hingga kanker leher rahim.

Mengapa harus darah perawan? Sebenarnya mudah saja, HPV dapat menular dengan mudah melalui hubungan intim, apalagi yang suka berganti-ganti pasangan.

Sedangkan bagi wanita yang belum pernah berhubungan intim, risiko penularan HPV sangat rendah. Hal itulah yang membuat para peneliti membutuhkan darah perawan untuk kontrol negatif dalam penelitian.

Diketahui, berdasarkan data yang dilaporkan oleh IBTimes.co.uk, sudah ada 50 wanita perawan yang mendaftarkan diri untuk diambil sampel darahnya. Sampel darah ini tentu hanya diambil sedikit.

Pada akhirnya, penelitian ini bertujuan untuk ilmu pengetahuan di bidang kedokteran, khususnya untuk melindungi wanita dari risiko terkena HPV. ** Baca juga: Tertangkap Kamera, Adegan Kocak Saat Perampok Beri Donat pada Sanderanya

Bersedia menyumbangkan darah, Ladies? (ilj/bbs)

Berita Terbaru