oleh

Untuk Kesehatan Tulang, Konsumsi 6 Makanan yang Mengandung Vitamin D

Kabar6-Vitamin D adalah nutrisi yang bermanfaat untuk pembentukan tulang, juga diperlukan tubuh dalam menjaga kesehatan jantung, otak, dan otot.

Vitamin D terbentuk secara alami ketika kulit terkena sinar matahari langsung. Bahkan, sebagian besar kebutuhan vitamin D terpenuhi lewat paparan sinar matahari.

Selain itu, vitamin D juga terkandung dalam beberapa jenis makanan. Melansir Healthline, ini sejumlah makanan yang mengandung sumber vitamin D:

1. Salmon
Merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D tinggi Ma. Dalam 100 gram salmon terkandung sekira 361-685 IU vitamin D. Selain kandungan vitamin D yang tiggi, salmon juga tinggi akan kandungan protein dan omega 3.

2. Tiram
Tidak hanya lezat, makanan laut ini juga rendah kalori dan penuh nutrisi. Dalam satu porsi tiram berukuran 100 gram, terkandung 68 kalori dengan 320 IU vitamin D Ma. Selain mengandung vitamin D, tiram juga mengandung vitamin B12 dan juga zat besi.

3. Kuning telur
Kuning telur mengandung berbagai macam mineral yang dibutuhkan tubuh termasuk vitamin D. Dalam kuning telur setidaknya terkandung 30 IU vitamin D.

4. Jamur
Merupakan makanan yang mengandung vitamin D tinggi Jamur mengandung vitamin D2 yang mampu meningkatkan kadar vitamin D dalam darah.

Pada 100 gram jamur yang terpapar sinar matahari terkandung sekira 130-450 IU vitamin D. Selain mengandung vitamin D, jamur juga sumber makanan yang mengandung vitamin B5 dan tembaga

5. Tuna kaleng
Tuna kaleng bisa menjadi asupan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin D harian. Dalam 110 gram tuna kemasan setidaknya terkandung 236 IU itamin D, juga vitamin K dan niasin.

Meski tuna kaleng bisa memenuhi kebutuhan vitamin D dengan baik dan lebih praktis, disarankan untuk menghindari konsumsi tuna kaleng terlalu sering karena tidak baik untuk kesehatan.

6. Produk yang diperkaya vitamin D
Saat ini ada banyak produk yang diperkaya dengan vitamin D, di antaranya adalah susu sapi, susu kedelai, jus jeruk, dan juga sereal. Anda dapat melihat komposisi makanan yang dibeli untuk mengetahui berapa kandungan vitamin D dalam produk tersebut. ** Baca juga: Apa yang Wajib Dilakukan Sepulang dari Bepergian?

Masukkan makanan yang mengandung vitamin D dalam menu harian Anda, agar selalu memiliki tulang yang kuat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru