oleh

Untuk Hubungan Jangka Panjang, Wanita Pilih Pria yang Murah Senyum

Kabar6-Mungkin selama ini Anda mengira bahwa pria dengan karakter ‘dingin’ dan cenderung ‘mahal’ senyum bisa membuat kaum hawa bertekuk lutut, bahkan tergila-gila. Benarkah demikian?

Ternyata anggapan tersebut tidak selamanya berlaku. Bila Anda ingin menemukan cinta sejati dan sebuah hubungan yang awet, sebaiknya seorang pria ‘membuang’ jauh-jauh wajah cemberut mereka, dan lebih murah tersenyum.

Para peneliti, melansir CNN Indonesia, menemukan bahwa wanita yang menginginkan hubungan jangka panjang melihat pria dengan wajah tersenyum lebih menarik ketimbang yang jarang tersenyum. Wanita juga menilai, pria lebih bisa dipercaya ketika tersenyum ketimbang saat menampakkan ekspresi wajah netral.

Sebaliknya, menurut para psikolog dari Universitas Oslo dan Universitas Senshu di Jepang, wanita yang hanya menginginkan hubungan jangka pendek tidak melihat pria yang tersenyum lebih menarik.

“Tersenyum meningkatkan daya tarik untuk membina hubungan jangka panjang, tapi tidak untuk hubungan jangka pendek,” jelas penulis penelitian dalam jurnal Evolutionary Psychology.

“Hasil ini merupakan kesepakatan ide bahwa karakter sosial dan kooperatif sangat penting untuk sebuah hubungan jangka panjang, tapi tidak terlalu untuk pasangan jangka pendek. Sebab, kerjasama jangka panjang diperlukan untuk pengasuhan anak.”

Wanita lebih menekankan faktor-faktor sosial, misalnya kepercayaan untuk hubungan jangka panjang, di mana investasi sebagai ayah diharapkan, untuk meminimalkan risiko hilangnya komitmen bersama pasangan selama kehamilan dan saat menjadi orangtua.

Tersenyum merupakan tanda yang baik bagi sebuah hubungan jangka panjang mendukung hipotesis strategi evolusi memilih pasangan untuk pengasuhan. Pada bagian pertama studi, sebanyak 218 perempuan ditunjukkan serangkaian foto pria tersenyum, dan juga dengan ekspresi netral.

Mereka diminta menilai daya tarik pria untuk prospek hubungan jangka pendek (sampai hari ini), atau prospek hubungan jangka panjang (pasangan yang mungkin dinikahi).

Pada bagian kedua penelitian, kelompok lain yang terdiri dari 71 wanita juga diberikan serangkaian foto pria tersenyum dan berekspresi netral, lalu diminta untuk menilai kepercayaan dan maskulinitas lelaki di foto tersebut. ** Baca juga: Kondisi Kesehatan Wanita Bisa Diprediksi Lewat Bentuk Bokong?

Kendati wajah netral dianggap lebih maskulin, wajah tersenyum dianggap lebih dapat dipercaya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru