oleh

Untuk Alasan Kesehatan, Ada 3 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Usai Makan

Kabar6-Apa yang biasanya Anda lakukan usai makan? Banyak orang segera melakukan aktivitas yang sebelumnya tertunda usai makan. Sebagian lagi merokok atau bahkan ‘leyeh-leyeh’ sejenak.

Namun tahukah Anda, ada tiga hal yang sebaiknya tidak dilakukan usai makan karena alasan kesehatan. Apa sajakah itu? Melansir beberapa sumber, berikut tiga hal yang dimaksud:

1. Menyikat gigi
Ini mungkin terasa seperti kontradiksi dari aturan yang ada sebelumnya. Larangan menyikat gigi ini perlu Anda taati terutama setelah mengonsumsi makanan asam seperti jeruk, karena dapat merusak enamel gigi yang lemah terkena asam.

Jadi, tunggu 30 menit dan minum air putih yang banyak untuk menghilangkan asam dari mulut Anda, baru kemudian menggosok gigi.

Sebaliknya, jika Anda mengonsumsi makanan dengan kadar karbohidrat dan gula yang seperti roti, kue, dan minuman bersoda, bakteri tertentu dapat berkumpul dalam mulut Anda.

Bakteri jenis ini menyerang email gigi, jadi segeralah menyikat gigi setelah menyantap makanan jenis ini untuk mencegah bakteri menumpuk.

2. Langsung tidur
Alasannya sudah jelas, tidur tepat setelah makan akan menyebabkan Anda mual dan tidur pun tak berkualitas. Menurut para ahli di Mayo Clinic, Anda harus menunggu setidaknya tiga jam setelah makan (termasuk makanan ringan) sebelum berbaring. Alasannya, pencernaan harus berlangsung dengan kondisi tubuh vertikal, bukan horizontal.

Jika tubuh berbaring, makanan akan sulit turun dan asam lambung akan sulit bekerja. Sebaliknya, makanan yang Anda santap dan asam lambung akan naik ke kerongkongan sehingga menyebabkan mual.

3. Berolahraga
Berolahraga atau beraktivitas tinggi setelah makan sebaiknya tidak Anda lakukan karena dapat menyebabkan sakit perut atau kram otot, bahkan bisa membuat Anda muntah. ** Baca juga: 10 Jenis Makanan yang Bikin Rambut Sehat dan Indah

Apabila Anda makan banyak, tunggu tiga hingga empat jam sebelum berolahraga. Jika Anda hanya menyantap camilan atau makanan kecil, tunggu satu jam sebelum mulai berolahraga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru