oleh

UMK Tangsel 2013 Diprediksi Rp 1,7 Juta Lebih

Kabar6-Upah Minimum Kota (UMK) bagi pekerja di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada 2013 mendatang diprediksi tembus kisaran angka Rp 1,7 juta lebih. Hingga kini penentuan tersebut masih terus digodok oleh sejumlah aparatur terkait.

“Kalau KHL-nya (Kebutuhan Hidup Layak) saja sekarang Rp 1,7 pastinya UMK akan lebih dari segitu,” ungkap Kepala Dinsosnakertrans, Purnama Wijaya, kepada sejumlah wartawan di DPRD Kota Tangsel, Senin (12/11/2012).

Namun, ketika ditanyakan berapa nominal besaran UMK yang akan disepakati. Purnama tak berani berandai-andai karena pemerintah daerah masih terus membahas hal tersebut bersama dewan pengupahan kota (Depeko) Kota Tangsel.

Tak hanya itu, kata Purnama, berdasarkan instruksi Kemenakertrans dalam pertemuan yang dihadiri oleh seluruh kepala daerah wilayah penyangga ibukota.

Diharuskan setiap daerah penyangga termasuk Kota Tangerang Selatan harus menunggu pengesahan UMK DKI Jakarta terlebih dahulu.

Berdasarkan hasil survey KHL di Kota Tangerang Selatan terdapat dua jumlah nominal, yakni Rp 1,760 juta dan Rp 1,745 juta.

Kedua angka tersebut, terang Purnama, merupakan kolaborasi antara Permenakertrans Nomor 13 Tahun 2012 dan Permenakertrans Nomor 17 Tahun 2005. Kedua angka itu juga belum mencapai titik final karena masih harus dibahas lebih lanjut.

“Iya, memang besok (Selasa) perwakilan buruh dengan ibu Walikota mau bertemu untuk membahas masalah UMK,” ujar Purnama.(yud/iqmar)

Berita Terbaru