oleh

Udara Dingin Bisa Turunkan Berat Badan?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Untuk menurunkan berat badan, diet adalah salah satu cara yang dianjurkan. Nah, sebuah penelitian yang dilakukan di Belanda menemukan satu hal lain yang mungkin juga dapat membantu anda menurunkan berat badan.

Para peneliti menemukan bahwa lingkungan juga memiliki pengaruh terhadap usaha Anda untuk menurunkan berat badan. Dikutip dari dokter.id, faktor lingkungan tersebut adalah udara dingin, dengah suhu sekira 19-25 derajat Celcius.

Gaya hidup sehat, seperti diet sehat, tidur cukup, dan berolahraga teratur, menurut ahli kesehatan, disertai dengan penurunan suhu ruangan secara bertahap dapat memberikan pengaruh positif pada usaha anda untuk menurunkan berat badan.

Para ahli menduga bahwa dengan membuat suhu ruangan sedikit lebih dingin, maka tubuh anda harus membakar lebih banyak kalori untuk menjaga anda tetap hangat (suhu badan berkisar pada 37 derajat Celcius). Bila berlangsung lama, maka kondisi seperti ini dapat memengaruhi keseimbangan energi dan juga berat badan Anda.

Kuncinya adalah dengan membakar lemak cokelat. Tidak seperti lemak putih, lemak cokelat mengandung banyak mitokondria yang berperan untuk memproduksi panas dalam tubuh. Maka saat tubuh Anda berusaha untuk meningkatkan suhunya, lemak cokelat inilah yang akan terbakar untuk meningkatkan suhu tubuh.

Seorang ahli endokrin di Amerika mengatakan bahwa satu-satunya cara membakar lemak cokelat ini adalah paparan terhadap dingin. Anda tidak perlu membuat ruangan menjadi sangat dingin atau langsung mengubah suhu ruangan kantor atau kamar atau rumah menjadi sangat dingin. Turunkanlah suhu ruangan secara perlahan hingga membuat Anda merasa agak kedinginan. ** Baca juga: Kenali Manfaat Konsumsi Air Hangat

Hal penting yang perlu diingat adalah jangan berharap bahwa udara dingin saja dapat membuat berat badan Anda turun. Hal ini hanya dapat terjadi bila Anda mengkombinasikan udara dingin ini dengan olahraga teratur dan diet sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru