oleh

Ubah 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Anda Tampak Tua

Kabar6-Seiring waktu, kulit wajah dan tubuh akan mengalami penuaan. Meskipun menjadi tua merupakan hal yang tidak bisa dihindari, kita bisa meminimalisir risiko penuaan dini,lho.

Salah satunya adalah dengan mengurangi kebiasaan buruk yang seringkali tidak disadari. Melansir beberapa sumber, ini kebiasaan buruk yang bikin Anda tampak tua:

1. Waktu tidur kurang
Menurut seorang ahli dermatologi bernama Joshua Zeichner, tidur yang cukup bisa membuat kita awet muda karena sel-sel kulit kita akan berfungsi sesuai ritme. “Pada malam hari, sel-sel kita akan bekerja untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada siang hari, seperti radiasi sinar matahari dan polusi,” urai Joshua.

Jadi, melewatkan tidur malam bisa menghentikan seluruh proses ini, dan membuat kulit tidak bersiap untuk hari berikutnya. Joshua menyarankan agar kita tidur setidaknya delapan jam setiap hari dan tidak boleh melupakan pelembap agar kulit tidak mengalami dehidrasi selama tidur.

2. Kurang buah-buahan
Buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kulit. Menurut American Academy of Dermatology, beberapa riset menemukan bahwa buah-buahan dan sayuran bisa membantu mencegah kerusakan yang menyebabkan kulit menua terlalu cepat, terutama buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin E, A, C, dan B3. Vitamin tersebut bisa bermanfaat untuk mencegah kerusakan kolagen, mengurangi hiperpigmentasi, dan juga mengurangi peradangan.

3. Konsumsi gula berlebihan
Makanan dan minuman manis bisa menyebabkan kerutan dini karena proses glycation, ketika molekul gula menempel pada kkolagen atau blok bangunan utama kulit Inilah yang membuat kolagen mengeras dan kurang lentur sehingga menyebabkan kerutan dini.

4. Kurang konsumsi air putih
Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa mempengaruhi tubuh kita seperti tubuh lemas, kram, dan pusing. Tidak hanya itu, kekurangan cairan juga bisa membuat kulit lebih tua karena tubuh akan menarik air dari kulit untuk mempertahankan konsentrasi dalam darah. Untuk itulah konsumsi air putih secara rutin, minimal 8 gelas setiap hari sangat penting untuk kesehatan kulit.

5. Terlalu stres
Sebuah riset pada 2004 menemukan, stres bisa mempersingkat bagian dari kromosom kita yang disebut telomere. Stres jangka panjang dapat membuat kromosom tersebut lebih pendek sehingga tubuh lebih cepat menua.

Seorang pakar kesehatan bernama Dr. Warren Willey merekomendasikan cara mengontrol stres dengan meditasi 10 menit sehari. Caranya, atur pernapasan sebaik mungkin agar kita bisa mendapatkan ketenangan tersebut. ** Baca juga: Makan & Minum dalam Wadah yang Sama Bisa Tularkan Batuk & Pilek?

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru