oleh

Tuntut Pencopotan Kapolresta Tangerang, Begini Respon Polda Banten

Kabar6 – Polda Banten enggan memberikan keterangan terperinci, terkait tuntutan mahasiswa agar Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro, dicopot dari jabatannya.

Polda Banten hanya bisa memastikan bahwa tuntutan mereka sudah diterima oleh perwakilan Pejabat Utama (PJU) Polda Banten.

“Perwakilan mahasiswa sudah diterima langsung oleh Karo Ops Polda Banten didampingi Kabidpropam Polda Banten, dan aspirasi mahasiswa tentu saja menjadi masukan buat Polda Banten. Apresiasi juga terhadap pelaksanaan aksi unjuk rasa yang berjalan kondusif,” ujar Kabid Humas Polda Banten, AKBP Shinto Silitonga, melalui pesan elektroniknya, Kamis (14/10/2021).

Sebelumnya diberitakan bahwa, akibat dari Smackdown effect, puluhan mahasiswa dari Aliansi Mahasiswa Tangerang (Alamat) berdemonstrasi dekat Mapolda Banten, menuntut Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro dicopot dari jabatannya, lantaran anggotanya membanting mahasiswa Himata, saat demonstrasi diperingatkan HUT Kabupaten Tangerang, Banten.

Menurut mahasiswa, pencopotan Kapolresta Tangerang harus dilakukan sebagai langkah awal evaluasi besar-besaran di tubuh polri, yang mereka anggap kerap bertindak represif dan melakukan kekerasan, saat membubarkan massa aksi.

Sedianya, mereka berdemonstrasi di depan Mapolda Banten, namun ditahan polisi beberapa ratus meter sebelum sampai di depan Polda Banten.

**Baca juga: Pengedar Tembakau Gorila di Serang Pasarkan Narkoba Lewat Medsos

“Tuntutan kita ada dua, satu copot Kapolresta Tangerang. Kedua adalah stop kriminalisasi, kekerasan, dan intimidasi. Kenapa kita tuntut copot kapolres, karena kita tidak melulu berbicara oknum, artinya ini ada salah dalam sebuah instansi, ada yang salah dalam instruksi. Makanya kami sampaikan, jangan sampai oknum melul, tapi harus ada evaluasi besar, karena ini sebuah instansi,” kata jubir massa aksi Alamat, Sandi Martapraja, dilokasi aksi, Kamis (14/10/2021).

Perwakilan mahasiswa diundang beraudiensi dengan perwakilan Polda Banten, mereka diterima oleh Karo Ops, Kombes Pol Amiludin Roemtaat dan Kabid Propam Polda Banten, Kombes Pol Nursyah Putra.(dhi)

Berita Terbaru