oleh

Tumpukan Sampah, Pipa dan Kabel Penyebab Banjir di Teluknaga

Kabar6-Sampah di saluran drainase yang tertumpuk dengan kabel Perusahaan Listrik Negara dan pipa Perumdam Tirta Kerta Raharja merupakan salah satu penyebab terjadinya banjir di wilayah Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang.

“Selain sampah yang membuat saluran drainase tersumbat, ditemukan banyaknya kabel PLN dan Pipa PDAM di sejumlah drainase. Maka perlu koordinasi kepada pihak terkait agar segera diperbaiki, ” kata Camat Teluknaga, Supriadinata kepada wartawan, Selasa (18/2/2020).

Supriadinata menjelaskan, selain sampah dan tumpukan kabel serta pipa, sungai tersier di sejumlah desa di wilayah Teluknaga juga telah terjadi pendangkalan akibat adanya sedimentasi. Menurutnya, normalisasi sungai sangat diperlukan agar tidak terjadi banjir di wilayah Kecamatan Teluknaga.

” Sungai-sungai tersier sudah terjadi pendangkalan, maka diperlukan adanya normalisasi sungai, ” harapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tangerang, Kholid Ismail mengatakan, agar sungai tersier di wilayah Teluknaga yang mengalir di sejumlah desa bisa dimanfaatkan, menjadi sarana alternatif, agar masyarakat ikut merawatnya.

“Ini bisa menjadi sarana alternatif yang bisa mengikis dampak banjir. Karena itu bagian prasarana perekonomian, jadi saya yakin warga setempat akan menjaga sungai itu,” ungkap Kholid.

**Baca juga: Dua Pekan, 18 Pengedar Narkoba di Kabupaten Tangerang Ditangkap.

Para kades dan pemimpin wilayah harus berfikir kreatif. Paradigma berfikir kreatif dan inovatif dibutuhkan dalam kinerja kepala desa dan kepala wilayah selagi tidak bertentangan dengan aturan hukum.

“Kalau dilakukan kerjanya monoton saya yakin pembangunan tidak maksimal,” jelas Kholid.(Vee)

Berita Terbaru