oleh

Tumpukan Sampah di Pasar Cikupa Bikin Macet

Kabar6-Penumpukan sampah bukan hanya mendatangkan masalah bau tak sedap dan pemandangan jorok saja. Tapi juga jadi pemicu tersendatnya arus lalu lintas, seperti yang terjadi di sekitar pasar Cikupa, Kabupaten Tangerang, ketika arus mudik Lebaran.

Pengamatan dilapangan, tumpukan sampah terjadi di ruas jalan menuju arah Serang. Tumpukan sampah sayur-sayuran sengaja digeletakan begitu saja oleh para pedagang dan petugas kebersihan tidak mengangkut.

Akibatnya, jalan Raya Serang yang mengarah dari Tangerang menuju Serang, tertutup timbunan sampah pedagang. Jalan yang memiliki dua jalur tersebut, hanya bisa dilalui dua jalur. Kendaraan pun harus mengantri dan menyebabkan kemacetan.

“Disini tidak ada bak sampah. Pedagang memang sudah terbiasa membuang di jalan dan nantinya ada petugas yang mengangkut,” kata Muslim pedagang sayuran di pasar Cikupa.

Diakuinya, timbunan sampah tersebut menghambat laju kendaraan. Namun, karena sudah terbiasa maka dinilainya bukan menjadi masalah.

“Sudah biasa begini. Kalau didepan pasar cikupa memang selalu macet. Karena sebagian jalan digunakan tempat pembuangan sampah dan adanya pasar tumpah,” tambah Cecep.

Timbunan sampah pasar Cikupa biasanya terjadi saat pagi dan malam hari usai kegiatan jual beli. Waktu tersebut bersamaan dengan pemudik yang melintas terutama pemudik sepeda motor.

“Harapan kami adalah agar timbunan sampah dapat diatasi. Karena, selain menghambat, hal tersebut pun merusak pemandangan,” kata Yusuf, salah satu pemudik dari wilayah Bitung yang menuju Rangkas dengan menggunakan sepeda motor.

Sebelumnya, Kapolres Kota Tangerang, Kombespol Irfing Jaya menuturkan ada tiga titik pasar tumpah yang patut diwaspadai pemudik. Ketiga titik tersebut yakni di Jalan Raya Cikupa atau pasar Cikupa, Pasar Balaraja dan Pasar Jayanti yang mendekati perbatasan Kabupaten Serang.

Untuk mengantisipasinya, Kepolisian bersama personil dari Dishub, TNI dan Satpol PP  yang berjumlah 340 personil akan ditempatkan di titik pasar tumpah tersebut dan titik lainnya.(yud)

 

Berita Terbaru