oleh

Tulang Sehat dan Daya Tahan Tubuh Kuat dengan Konsumsi Makanan Kaya Vitamin D

Kabar6-Tidak hanya vitamin C, Anda pun harus memenuhi asupan vitamin D agar tulang sehat sekaligus daya tahan tubuh kuat. Sayangnya, banyak orang yang hanya peduli dengan asupan vitamin C dan E saja.

Padahal, vitamin D sangat krusial bagi kesehatan tubuh. Vitamin D sangat bagus untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang, menguatkan sistem imun, menyeimbangkan tekanan darah, hingga membantu mencegah kanker.

Selain berjemur sekira 15 menit setiap pagi, melansir Female Daily, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi kapsul vitamin D setiap hari atau mendapatkannya dari sumber alami dari sejumlah makanan. Apa sajakah itu?

1. Aneka jenis ikan
Salmon, herring, sarden, mackarel, tuna adalah makanan yang sangat kaya vitamin D. Wild salmon bahkan mengandung vitamin D lebih banyak dibanding salmon ternak.

Namun bagi Anda yang kurang menyukai ikan, bisa mengonsumsi minyak ikan cod yang sudah banyak tersedia dalam bentuk kapsul atau cair. Tidak hanya sarat vitamin D, minyak ikan cod juga sumber vitamin A yang baik dan dilengkapi dengan omega 3.

2. Jamur
Sayuran lezat ini adalah salah satu makanan yang kaya vitamin D. Seperti manusia, jamur bisa mendapat banyak vitamin D apabila sering terekspos matahari.

Vitamin D yang diproduksi jamur adalah vitamin D2, bukan vitamin D3 seperti yang didapat dari ikan. Vitamin D2 tidak seefektif D3, tapi tetap bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

3. Kuning telur
Protein banyak ditemukan pada putih telur, sementara lemak, vitamin, dan mineral ada di bagian kuningnya. Sama seperti pada wild salmon, telur pada ayam kampung yang sering kena sinar matahari biasanya punya vitamin D lebih tinggi.

4. Keju
Tidak hanya kalsium, keju adalah makanan yang juga kaya vitamin D. Sebagian keju memiliki lebih banyak vitamin D alami daripada yang lainnya, misalnya keju Montina, Muester, dan Monterey. Sementara bleu cheese, gouda, dan brie juga punya kandungan vitamin D, tapi lebih sedikit.

5. Hati sapi
Makanan ini juga lebih punya sedikit kalori dibandingkan area sapi lainnya seperti sirloin. Tapi sebaiknya jangan terlalu sering dikonsumsi, karena tinggi kolesterol.

6. Fortified foods
Ada banyak makanan lain yang akhirnya ditambahkan dengan vitamin D, misalnya susu sapi, susu kedelai, yoghurt, sereal, margarin, silk tofu, hingga orange juice. Jadi untuk memenuhi asupan vitamin ini, Anda bisa mengonsumsi telur, sereal, dan susu setiap sarapan.

7. Oyster
Jenis seafood ini megandung banyak vitamin D. Oyster juga rendah kalori sehingga aman dikonsumsi tanpa harus khawatir menambah lemak tubuh. ** Baca juga: Apa Sebab Kita Perlu Jalankan ‘Work From Home’?

Yuk, tambahkan salah satu dari tujuh jenis makanan tadi dalam menu harian agar tubuh tetap fit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru