oleh

Tujuh Hewan Pendatang Hoki

ilustrasi bbsKabar6-Selain memelihara berbagai jenis tanaman, sebagian orang juga gemar memelihara hewan di rumah mereka. Ada yang hanya sekadar hobi atau memang cinta terhadap satu atau beberapa jenis hewan tertentu, namun ada juga yang memang mempunyai tujuan tertentu.

 

 

Seperti halnya tanaman, hewan peliharaan pun ada yang dianggap membawa hoki. Ikan Arwana yang merupakan ikan asli Indonesia selalu menjadi pilihan karena selain membawa keberuntungan, juga menunjukan tingkat sosial pemiliknya.

 

Selanjutnya adalah ikan koi yang biasa dipelihara sebagai penghias rumah. Ikan yang masih satu kerabat dengan ikan mas ini berasal dari Tiongkok dan banyak tersebar di Jepang. Sebagian orang menyebutnya dengan ikan mas koi yang sebenarnya adalah misnomer. Koi pun dianggap membawa keberuntungan bagi penghuni rumah.

 

Hewan ketiga adalah kucing. Namun yang dimaksud adalah patung berbentuk kucing. Masyarakat Jepang menyebutnya Maneki Neko. Di Indonesia, patung berwujud kucing ini sering terlihat ditempatkan pada meja kasir dekat pintu masuk pada toko, restoran, dan lain-lain. Bentuknya menggambarkan sosok seekor kucing yang duduk tegak dengan satu kaki depannya terangkat seperrti mengajak orang mendekat.

 

Tidak semua orang menyukai hewan yang satu ini, karena bentuknya terbilang agak menyeramkan. Namun pemikiran ini berbeda dengan tradisi masyarakat Jepang. Di negeri Sakura itu, kodok justru memiliki arti khusus. Orang Jepang percaya bahwa kodok merupakan hewan pembawa keberuntungan, keselamatan dalam perjalanan, membawa kembali barang-barang yang pernah hilang, dan membawa kembali uang yang telah kita habiskan.

 

Meskipun naga hingga saat ini masih dipertanyakan keberadaannya, namun bagi masyarakat Tionghoa, hewan yang satu ini membawa berkah dan keberuntungan. Karena itulah, ornamen khas tionghoa banyak yang mengandung unsur naga.

 

Hewan lainnya adalah tokek yang biasa hidup di pepohonan, batuan, gua, atau rumah yang berhawa sejuk. Tokek yang mampir di atap rumah menandakan rezeki kita lancar. Rumah yang sering disinggahi tokek bisa diartikan bahwa penghuni rumah itu berhati bersih, tidah ada memiliki masalah yang mengganjal di hati atau terlibat perseteruan dengan orang lain. **Baca juga: Simak Tanaman yang Mengandung Energi Positif.

 

Lou han merupakan ikan yang populer dalam feng shui, dipercaya dapat memberikan energi baik pada lingkungan sekitarnya, bisa mendatangkan cinta dan keberuntungan bagi pemiliknya. Ikan lou han yang memiliki berbagai macam warna cerah dan titik hitam yang besar dipercaya sebagai pertanda kemakmuran dan kekayaan. lou Han akan memberikan kekayaan jika diletakkan di sebelah Tenggara. Sementara lou Han yang diletakkan di Timur dipercaya bisa meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan keluarga. (bbs)

Berita Terbaru