oleh

Tugu Perbatasan Wilayah Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Bogor Tak Terawat

Kabar6 – Kondisi tugu batas Kabupaten Tangerang dengan Kabupaten Bogor di wilayah Desa Tipar, Kecamatan Jambe dan Desa Singabangsa, Kecamatan Tenjo, kondisinya memprihatikan. Bahkan, tugu perbatasan Kabupaten itu seperti tapal batas desa.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, batas Kabupaten Tangerang dengan Kabupaten Bogor hanya dipisahkan oleh jembatan kecil terlihat kotor dan kumuh. Bahkan, jika pengendara melewati jembatan tersebut, sering kali mereka tidak menyadari bahwa telah berada di wilayah berbeda yakni Kabupaten Tangerang atau Kabupaten Bogor.

Salah seorang warga Kampung Tipar, Desa Tipar, Kecamatan Jambe, Muhammad Yamin mengatakan, tugu perbatasan wikayah Kabupaten Tangerang dengan Kabupaten Bogor sebaiknya dibuat permanen dan ada tulisnya. Sebab, tugu perbatasan seperti itu, banyak pengguna jalan menanyakan tentang tugu perbatasan wilayah Kabupaten.

“Menurut saya, tugu pembatas antar wilayah sangat penting, karena untuk memperingatkan pengendara terhadap jalur yang mereka gunakan, sekaligus dapat mempromosikan daerah,” kata Yamin, Minggu (8/3/2020).

Menurut Yamin, pengguna jalan yang berasal dari manapun dapat mengetahui secara pasti letak posisi wilayah perbatasan. Alangkah baiknya kalau dibuat tugu yang besar dan megah.

“Jadi semua orang bisa melihat dan memberikan kesan positif terhadap wilayah kabupaten,” tuturnya.

**Baca juga: Pengetahuan Dini, Ada 8 Potensi Bencana di Kabupaten Tangerang.

Sementara itu, Mustofa warga Desa Tipar, Kecamatan Jambe lainnya mengatakan, tugu batas wilayah Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Bogor yang mirip tapal batas desa itu entah tahun berapa dibuatnya. Sehingga kondisinya sudah kotor dan kumuh. Bahkan, disisi tugu itu sudah tumbuh subur ilalang.

“Kehadiran tugu atau gapura sangat diperlukan, agar masyarakat bisa mengenal suatu wilayah yang dilewatinya,” pungksanya. (Vee)

Berita Terbaru