oleh

Tubuh Tiba-tiba Seperti Terpeleset Saat Tidur, Apa Penyebabnya?

Kabar6-Anda mungkin pernah merasa seperti terpeleset saat tidur. Tubuh seolah-olah tergelincir seperti hendak jatuh. Mengapa hal ini bisa terjadi, dan apa penyebabnya?

Dalam dunia medis, melansir DetikHealth, fenomena ini disebut hypnagogic jerk atau hypnic jerk, yaitu kondisi di mana ada sentakan mendadak saat kita bertransisi antara terjaga dan tertidur. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir apabila mengalami kondisi seperti ini. Salah satu teorinya menyebutkan, hal ini terjadi saat saraf macet ketika Anda bertransisi dari terjaga sampai tertidur.

Para dokter menyebut, kemungkinan pemicu merasa ‘terpeleset’ saat tidur bisa karena kebiasaan tidur yang buruk. Bisa juga karena stres, merasa cemas berlebihan, dan kelelahan. Hal-hal ini bisa membuat kondisi hypnic jerk semakin sering terjadi. ** Baca juga: Kembali ke Gym, Lakukan Sejumlah Protokol Kesehatan Agar Terhindar dari COVID-19

“Lebih seringnya, hypnic jerk itu normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Meski begitu, jika sentakan ini, atau kecemasan karena mengalaminya mengganggu tidurmu secara signifikan, kamu harus membicarakannya pada ahlinya soal kekhawatiranmu,” urai Michelle Drenup, psikolog dan ahli tidur.(ilj/bbs)

Berita Terbaru