oleh

Tubuh Kekurangan Vitamin D, Kenali Tandanya

Kabar6-Kekurangan vitamin D ternyata dapat membuat gaya hidup sehat yang telah Anda jalani selama ini menjadi tidak maksimal. Karena itulah, Anda harus mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin D.

Makanan yang mengandung vitamin D bisa didapatkan sebagian besar dari produk hewani seperti ikan, susu, dan telur. Namun sebagian makanan olahan dan tumbuhan juga bisa menjadi sumber vitamin D.

Lantas, bagaimana mengenali tubuh kita kekurangan vitamin D? Melansir Prevention, berikut lima tanda tubuh kekurangan vitamin D:

1. Keringat berlebih
Saat Anda tidak melakukan aktivitas fisik berat, suhu tubuh berada pada kisaran normal, dan cuaca di lingkungan sekitar juga tidak terlalu panas, tetapi entah mengapa dahi tampak berkeringat, Anda mungkin harus memeriksa kadar vitamin D di dalam tubuh.

2. Badan terasa lemah tanpa sebab yang jelas
Saat kekurangan vitamin D, maka Anda dapat merasa sangat lelah, walaupun telah tidur dengan cukup. Hal ini karena vitamin D dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga setiap serat otot di dalam tubuh, berapa pun usia Anda.

Menurut sebuah penelitian, dengan mengonsumsi suplemen vitamin D selama enam bulan, Anda dapat mengatasi kelemahan otot yang terjadi akibat kekurangan vitamin D.

3. Tulang mudah patah
Tubuh manusia biasanya akan berhenti membentuk massa tulang saat berusia 30 tahun dan kekurangan vitamin D akan mempercepat atau memperburuk gejala osteoporosis. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin D, makanan saja tampak tidak cukup. Masih dibutuhkan bantuan dari sinar matahari dan suplemen.

4. Nyeri kronik
Walaupun biasanya tidak begitu jelas, beberapa orang yang kekurangan vitamin D dapat mengalami nyeri pada tulang (osteomalasia). Selain itu, orang-orang yang didiagnosa menderita radang sendi atau fibromialgia mungkin juga kekurangan vitamin D yang membuat sendi dan otot menjadi nyeri.

Jika nyeri otot yang Anda rasakan sudah berlangsung selama beberapa minggu, berkonsultasilah dengan dokteruntuk mencari tahu apakah kekurangan vitamin D merupakan penyebabnya.

Tercukupinya kebutuhan vitamin D juga dapat mencegah terjadinya nyeri otot setelah berolahraga dan mempercepat masa penyembuhan otot. ** Baca juga: Apa Sebab Lansia Jadi Kurang Peka akan Rasa dan Aroma Makanan?

5. Diagnosa depresi ternyata seringkali berhubungan dengan kekurangan kadar vitamin D di dalam tubuh penderita. Walaupun belum mengetahui secara pasti, para ahli menduga bahwa vitamin D mungkin mempengaruhi area otak tertentu dan hormon serotonin, yang berfungsi untuk mengendalikan mood seseorang.

Periksa lagi kondisi tubuh agar kebutuhan vitamin D tercukupi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru