oleh

Triwulan Kedua, Data Pemilih di Tangsel Turun Menjadi 992.216 Jiwa

Kabar6-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) saat ini sedang melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dalam persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota Tangsel Heni Lestari menjelaskan, saat ini data pemilih di Tangsel turun menjadi 992.216 pada triwulan kedua.

“Hal itu turun, dari data pemilih sebelumnya pada triwulan pertama yang tercatat 994.334 jiwa,” ujarnya kepada Kabar6.com, Selasa (12/7/2022).

Menurutnya, turunnya data pemilih tersebut dikarenakan adanya data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang mencatat warga Kota Tangsel yang sudah meninggal. Sehingga hal itu perlu dicoret dalam data pemilih.

“Untuk data yang ada akte kematiannya sudah kita coret sejumlah 2.000,” jelasnya.

Sementara itu, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) sendiri telah dicoret oleh KPU Kota Tangsel sebanyak 30 jiwa, yang telah melakukan koordinasi langsung ke RT/RW setempat.

“Untuk data BPS sudah kita coret 30. Untuk Data BPS yang 30 kita telah melakukan koordinasi langsung ke RT/RW setempat secara sampling baru di dapatkan 30 yang benar-benar dipastikan meninggal,” tutupnya.

**Baca juga: Lakukan Pemutakhiran, KPU Tangsel Hapus Data Pemilih yang Sudah Meninggal

Diberitakan sebelumnya, menurut Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota Tangsel Heni Lestari, data tersebut didapat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada semester kedua tahun 2021.

Dirinya mencatat, terdapat 6329 data meninggal yang sudah ada akte kematiannya, dan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang juga dari Kemendagri terdapat 1661 warga meninggal yang tidak memiliki akte kematian.(eka)