oleh

Trik Ubah Junkfood Jadi Makanan Sehat

Kabar6-Junkk food adalah istilah untuk makanan yang tidak sehat, mengandung lemak dan kalori tinggi dan memiliki sedikit kandungan nutrisi. Karena itulah, junk food sering disebut sebagai ‘makanan sampah’ karena tidak akan menjadi nutrisi tepat bagi tubuh.

Meskipun begitu, banyak orang yang gemar mengonsumsi junk food karena rasanya yang lezat dan membuat ketagihan. Namun di balik kelezatan itu, hal yang paling ditakutkan adalah efek buruk junk food, yaitu akan memicu penyakit seperti penyakit kencing manis, stroke, tekanan darah tinggi, serangan jantung dan lain-lain.

Bagaimana solusinya? Agar tetap dapat menikmati junk food, melansir Magforwomen, Anda dapat menerapkan sejumlah trik agar makanan sampah tadi jadi olahan yang sehat. Apa sajakah itu?

1. Ganti minyak
Untuk menggoreng, jangan menggunakan minyak biasa. Gantilah dengan minyak zaitun atau minyak spray untuk memasak. Cara ini akan membantu mencegah racun yang tidak perlu karena proses penggorengan dengan minyak akan berkurang. Semakin sedikit minyak yang masuk ke tubuh, maka Anda akan menjadi lebih sehat.

2. Ganti beras Anda
Kebanyakan orang, makan junk food ditambahkan dengan nasi, sehingga kalori yang masuk ke tubuh akan semakin banyak. Jadi mulai sekarang, ganti beras Anda dengan beras merah.

3. Cukup makan putih telur
Kuning telur mengandung lebih banyak kalori dan lemak daripada putih telur. Jadi, hindari bagian kuning telur di semua hidangan.

Bila merasa kurang karena hanya menggunakan putih telur, masih lebih baik Anda makan 2 butir telur yang diambil putih telurnya saja, dibanding maka satu buah telur secara utuh.

4. Gunakan produk susu rendah lemak
Apabila Anda menggunakan produk susu dalam makanan, maka ganti susu penuh lemak dengan susu skim. Cara ini juga membantu mencegah terlalu banyak kalori masuk ke tubuh.

5. Tambahkan lebih banyak sayuran
Cara ini akan membantu lebih banyak serat dan nutrisi yang masuk tubuh Anda, mengimbangi makanan tidak sehat yang Anda konsumsi.

6. Minum air putih
Apabila Anda memang ingin mengonsumsi makanan tidak sehat, maka cukup yang tidak sehat dari makanannya saja. Jangan tambah dengan minuman yang tidak sehat juga.

Jadi bila Anda makan junk food, maka cukup minum air putih yang membantu mengurangi kalori berlebihan masuk dalam tubuh. ** Baca juga: Hitung Besarnya Kalori dalam Gorengan dan Efeknya Bagi Kesehatan

Jaga asupan makanan dan minuman harian Anda agar kesehatan tetap terjaga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru