oleh

Trend Narkoba di Kabupaten Tangerang Bergeser ke Sabu

Kabar6-Trend narkoba di Kabupaten Tangerang mulai berubah. Bila sebelumnya narkoba jenis ganja mendominasi, kini justru narkoba jenis sabu paling diminati.

Tak tanggung-tanggung, penyebarannya pun terjadi hampir merata diwilayah Kabupaten Tangerang, bahkan merambah hingga ke berbagai kalangan. Remaja hingga orang tua. Wanita juga pria.

Demikian dikatakan Kasat Narkoba Polres Kota Tangerang, Komisaris I Gede Gotia, Rabu (29/10/2014). “Trendnya sudah berubah. Dari ganja ke sabu,” ujarnya.

Dijelaskan Gotia, selain menggalakkan penyuluhan tentang bahaya narkoba ke masyarakat dan pelajar, kini pihaknya juga tengah gencar-gencarnya melakukan operasi senyap.

“Penyuluhan dan operasi senyap kami gencarkan demi mempersempit ruang gerak sindikat narkoba, khususnya di Kabupaten Tangerang. Sejauh ini cukup efektif. Karena, jumlah kasus narkoba jauh menurun dibandingkan tahun lalu,” ujarnya.

Sementara, Wakasat Narkoba Polres Kota Tangerang, AKP Wempy Santoso menjelaskan, hasil ungkap kasus penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Polres Kota Tangerang hingga Oktober 2014 kurang lebih 125 kasus.

Jumlah itu menurun hingga sekitar 25 persen dibanding tahun 2013, yang hingga akhir Oktober tercatat sebanyak 185 kasus.

“Ini tentu tak lepas dari upaya yang telah dilakukan, guna mempersempit ruang gerak sindikat narkoba. Dimana selain gencarnya sosialisasi, juga banyak bandar narkoba yang telah kita tangkap,” ujar Wempy. **Baca juga: Pelajar di Banten Juga Inginkan Kartu Pintar.

Tak lupa Wempy mengajak masyarakat untuk terus ambil bagian dalam pemberantasan narkoba, dengan segera melaporkan segala bentuk gunaan narkoba dilingkungan masyarakat.(mer)

Berita Terbaru