oleh

Tragis, di Tanzania Potongan Tubuh Orang Albino Dijual Sebagai Jimat Keberuntungan

Kabar6-Albino adalah suatu kelainan pada produksi melanin yang membuat penderitanya kekurangan melanin atau tidak memiliki pigmen sama sekali. Albino dalam dunia medis sering disebut albinisme. Penyakit albino ini bisa terjadi pada sebagian atau seluruh bagian tubuh, mulai dari kulit, rambut dan mata.

Salah satu faktor penyakit ini bisa menurun ke anak adalah karena perkawinan sedarah. Nah, fenomena perkawinan sedarah inilah yang membuat satu dari 1.400 warga terpencil desa di Tanzania menderita Albinisme.

Namun, nasib tragis dialami oleh orang albino di Tanzania. Sekira 1.400 orang albino yang ada di sana, melansir elitereaders, diburu karena dianggap sebagai titisan iblis. Kelahiran mereka dianggap berasal kekuatan jahat yang disebut dengan tokolosh. Akibatnya, orang Albino di sana diserang oleh sekelompok orang yang disebut dengan Mgangi. Mereka memiliki keyakinan, Mgangi mampu mengusir roh jahat yang bersemayam di orang Albino.

Demi mengusir roh iblis, mereka memutuskan untuk memburu dan memotong organ tubuh orang Albino. Pada 2013 lalu, pemburuan ilegal dan tak berdasar terhadap orang Albino semakin meningkat jumlahnya.

Bahkan, tercatat sudah terjadi belasan kasus pembunuhan dan ratusan kasus penyerangan terhadap orang Albino di Tanzania selama kurun waktu tersebut. Namun Sekretaris Dalam Negeri saat itu, Mathias Chikawe, membantah kebenaran kasus tersebut.

Albino di Tanzania diburu layaknya binatang. Ada organisasi perdagangan tersembunyi yang diduga berasal dari orang berkuasa di negara tersebut. Orang Albino yang dianggap sebagai kutukan dan titisan setan ini dicari untuk diambil bagian tubuhnya dalam keadaan hidup. Akibatnya, orang albino yang berada di Tanzania mengalami cacat dan luka serius di tubuhnya.

Bagian tubuh orang albino di Tanzania dipercaya sebagai pembawa keberuntungan dan kekayaan. Warga menjual bagian tubuh itu untuk mendapat uang yang lebih banyak.

Disebutkan, harga satu bagian tubuh dari orang albino sekira Rp37 jutaan. Semakin besar anggota tubuhnya, harga yang ditawarkan juga semakin mahal.

Apabila Anda bisa memotong hampir semua anggota tubuh orang albino, maka harga jualnya sekira Rp900 jutaan. Itulah sebabnya, banyak orang albino di Tanzania yang hidup dengan bagian tubuh terpotong. ** Baca juga: Gara-gara Tumpahkan Kopi di Kokpit, Pilot Ini Lakukan Pendaratan Darurat

Tragis!(ilj/bbs)

Berita Terbaru