oleh

Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri di 4 Negara

Kabar6-Idul Fitri atau Lebaran menjadi momen spesial terutama bagi umat Muslim di seluruh dunia. Nah, masing-masing negara tentu memiliki tradisi yang berbeda untuk merayakan Idul Fitri.

Termasuk juga hidangan khas lebaran mereka. Melansir Mancode, berikut perayaan Idul Fitri di beberapa negara dengan tradisi unik mereka:

1. India dan Pakistan
Sebagai bagian dari persiapan Idul Fitri, wanita di India menyiapkan Mehndi sehari sebelumnya. Mehndi adalah pakaian meriah, perhiasan dan gelang tradisional yang berwarna-warni. Mehndi menjadi bagian terpenting dari perayaan Idul Fitri bagi kaum hawa.

Selain itu, pada hari Idul Fitri juga akan dijumpai rumah-rumah yang diterangi dengan lampu-lampu bercahaya, serta hidangan biryani daging kambing yang lezat dan hidangan penutup belaka kurma yaitu puding yang terbuat dari susu, kismis dan kacang-kacangan.

2. Turki
Di Turki, Idul Fitri disebut dengan Seker Bayrami atau Hari Raya Manisan. Di sana, Idul Fitri identik dengan bagi-bagi manisan, permen, atau cokelat. Dalam tradisi ini, anak-anak yang berkunjung ke rumah saudara atau tetangga akan dibagikan permen, cokelat, atau baklava.

3. Tiongkok
Hampir sama dengan Indonesia, umat Islam di Tiongkok juga melakukan ziarah. Umat Islam yang berada di Provinsi Yunan memliki tradisi berziarah ke makam Sayyid Ajjal al-Dinar Omar saat Idul Fitri. Sayyid Ajjal merupakan gubernur pertama Yunan yang pertama kali menyebarkan Islam.

Sayyid Ajjal juga mengajarkan toleransi antar umat beragam. Ketika berziarah, mereka membaca Al-Qur’an mendoakan dan membersihkan makam Sayyid Ajjal.

4. Uni Emirat Arab (UEA)
Hari pertama Idul Fitri di UEA adalah eksklusif untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabat. Hidangan tradisionalnya yang populer adalah Harees dan Balaleet.

Harees merupakan makanan sejenis bubur gandum dan daging. Sedangkan, Balaleet merupakan sajian mie bihun manis dengan telur dadar. Kedua makanan ini adalah hidangan wajib di Idul Fitri. ** Baca juga: Sebuah Keluarga Tuntut Perusahaan Game Karena Kedua Anaknya Lompat dari Gedung

Bagaimana tradisi Idul Fitri di kampung halaman Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru