oleh

Tradisi Unik Idul Adha yang Ada di 4 Negara

Kabar6-Idul Adha atau di sini dikenal dengan Lebaran Haji, merupakan salah satu hari penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Ied bersama-sama di tanah lapang atau di masjid, seperti ketika merayakan Idul Fitri.

Usai salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya. Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam.

Nah, ada tradisi unik Idul Adha yang dilakukan beberapa negara. Dilansir Bintang, berikut adalah tradisi Idul Adha di empat negara yang dimaksud:

1. Pasar ‘dadakan’, Tiongkok
Usai salat Ied masyarakat muslim di sana akan saling bertukar makanan atau hadiah lainnya. Selain itu, perayaan Idul Adha yang berlangsung selama empat hari tersebut juga akan dimeriahkan dengan pasar dadakan.

2. Mandikan hewan kurban, Pakistan
Pemerintah Pakistan secara khusus meliburkan pegawainya selama empat hari. Dan yang paling unik saat perayaan Idul Adha di Pakistan adalah kegiatan memandikan hewan kurban sebelum disembelih. Tak hanya dimandikan, hewan kurban pun akan dihias dengan berbagai kalung yang terbuat dari bunga.

3. Kurban unta, Arab Saudi
Kebanyakan negara-negara yang merayakan Idul Adha akan mengurbankan hewan-hewan seperti sapi atau kambing. Nah, di Arab Saudi beberapa hewan tersebut juga dikurbankan, hanya saja memang lebih banyak unta yang dikurbankan. Setelah dipotong, nantinya oleh Pemerintahan Kerajaan Arab Saudi daging hewan kurban akan dibagikan ke negara-negara Islam yang miskin seperti di Afrika, Asia tengah, dan Asia Selatan.

4. Festival Sapi, Turki
Pada saat perayaan Idul Adha pemerintah Turki memberlakukan libur selama empat hari penuh. Perayaan Idul Adha di Turki dikenal dengan sebutan Baqri-Eid atau Festival Sapi, meskipun sebenarnya hewan yang dikurbankan tidak hanya sapi. Seperti di Indonesia saat Idul Adha di Turki juga menyembelih hewan domba ataupun kambing. ** Baca juga: Derita Penyakit Langka, Tomasz Terjebak dalam Tubuh Bocah 12 Tahun

Bagaimana dengan wilayah tempat tinggal Anda?(ilj/bbs)

Berita Terbaru