oleh

Tradisi Piknik Unik Musim Dingin di India Timur, Menari Hingga Lelah

Kabar6-Ada tradisi piknik unik yang rutin dilakukan warga India Timur saat musim dingin. Mereka menyukai kegiatan alam bebas, pergi ke sungai atau pantai untuk makan-makan, bernyanyi, dan menari, selama satu hari.

Seorang fotografer asal Kolkata bernama Arko Datto, melansir nationalgeographic, mengamati tradisi piknik warga India tersebut selama bertahun-tahun, meskipun keluarganya sendiri tidak pernah melakukan tradisi piknik tersebut.

Sekelompok dewasa muda, kebanyakan pria, menghabiskan waktu piknik mereka dengan mengonsumsi minuman keras. Perkelahian akibat mabuk menjadi hal biasa. Sementara, wanita yang ikut piknik tanpa didampingi keluarganya, mendapat perlakuan kurang menyenangkan pada akhirnya.

Ada juga rombongan sahabat dan keluarga, biasanya menyewa bus untuk pergi ke lokasi piknik. Mereka membawa banyak makanan serta minuman beralkohol.

Sesaat setelah mendirikan tenda, kelompok tersebut lalu menyalakan lagu pop khas India dan memasak ayam dan nasi di atas api terbuka sambil ditemani dengan wiski dan rum. Di pinggir sungai atau pantai, mereka akan bermain dan menari hingga kelelahan.

Dalam salah satu foto Datto, terlihat sekelompok pria yang terlibat cekcok akibat mabuk dan memperebutkan seorang wanita. Pada gambar lainnya, terdapat kerumunan yang sedang menahan dua orang yang diduga menyerang wanita.

Di lokasi piknik di sungai Gangga, dekat dengan pabrik batu bata, beberapa warga menutupi tubuh mereka dengan lumpur sungai yang keruh dari ujung kepala sampai kaki.

Setelah berjam-jam membiarkan lumpur itu mengering dan mengeras di kulit mereka, para pria lalu segera mengelupasnya. “Itu dimaksudkan sebagai terapi, tapi sayangnya, lumpur itu sebenarnya tercemar,” kata Datto.

Faktanya, Gangga juga menjadi salah satu sungai beracun di dunia. Kontaminasi bertahun-tahun dari kotoran manusia dan limbah industri, menyisakan air sungai yang penuh bakteri berbahaya, dan karsinogen. ** Baca juga: Quahog, Hewan Tertua di Dunia yang Mati Tak Sengaja di Tangan Ilmuwan

Tradisi piknik musim dingin ini diselenggarakan dalam berbagai bentuk. Dan secara keseluruhan, bagi Datto, tradisi piknik ini merupakan potret kekacauan yang menakjubkan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru