Top! Deretan Senapan Penembak Jitu yang Mematikan di Dunia

kabar6.com
Steyr SSG 69.(Sniper Central)

Kabar6-Kecanggihan senapan penembak jitu (sniper) dipengaruhi oleh jangkauan, akurasi, daya tembak, penetrasi, keandalan, nomor produksi, jumlah pengguna, dan beberapa fitur lainnya.

Apa saja sih jenis senapan penembak jitu yang disebut mematikan di dunia? Dilansir Intisari, berikut adalah deretan senapan jitu yang dimaksud:

1. Barrett M82, Amerika Serikat
Barrett M82 adalah senapan semi-otomatis serta anti-material yang didesain dan dikembangkan oleh perusahaan Barrett Firearms Manufacturing. Pembuatan senapan yang mematikan ini dimulai pada awal 1980-an.

Kini senapan anti-material telah digunakan di 60 negara, pada militer dan pasukan penegak hukum. Senapan ini didesain untuk merusak peralatan musuh, seperti pesawat yang diparkir, unit radar, truk, dan berbagai aset penting lainnya dalam jarak jauh.

Amunisinya yang kuat dapat menembus batu bata dan beton. Biaya unit senapan ini sekira Rp124 juta.

2. Steyr SSG 69 (Austria)
Steyr Scharfschutzengewehr 69 atau SSG 69 ini berasal dari Austria. Dari nampak luar, senapan ini mirip senapan berburu. Namun SSG 69 ini didesain sebagai senjata militer dan penegak hukum.

Saat ini, SSG 69 adalah salah satu senapan sniper paling populer di dunia. Negara yang menggunakannya yaitu Argentina, Chili, Yunani, India, Indonesia, Irlandia, Yordania, Belanda, Pakistan, Peru, Arab Saudi, dan Turki.

Senapan sniper ini bahkan digunakan oleh unit patroli perbatasan BORTAC AS. SSG 69 diproduksi tanpa perubahan selama lebih dari 40 tahun. Namun produksinya berhenti hanya pada 2015.

3. Accuracy International Arctic Warfare Magnum (Inggris)
Senapan ini merupakan senapan Inggris yang diproduksi oleh perusahaan Accuracy International. Selain itu, senjata ini lebih kuat dari senapan Arctic Warfare yang dirancang untuk menggunakan jenis peluru Magnum yang lebih besar dan kuat.

Umumnya Arctic Warfare Magnum mirip dengan senapan sniper Arctic Warfare asli, tetapi memiliki baut yang lebih panjang untuk mengakomodasi amunisi tipe Magnum yang lebih besar dan lebih kuat.

4. Barret M95 (Amerika Serikat)
Senapan Barret 95 ini didesain oleh perusahaan Barrett Firearms Manufacturing. Merupakan versi produksi yang lebih baik dari Barret 90 dan lebih nyaman digunakan.

Ada 15 negara yang menggunakan senapan ini, yaitu Argentina, Austria, Denmark, Finlandia, Yunani, Georgia, Itali, Yordania, Malaysia, Filipina, Spanyol, Thailand, Turki, dan beberapa negara lainnya.

5. Sako TRG 42 (Finlandia)
Senapan ini digunakan pada 14 negara di penjuru dunia, termasuk Angkatan Bersenjata Finlandia. Terutama, digunakan oleh unit tentara pasukan khusus, serta digunakan oleh beberapa penegak hukum.

Senapan sniper ini dilengkapi dengan stok hitam atau hijau. Stok sepenuhnya dapat disesuaikan. Senapan seri SAKO TRG dapat dengan mudah dikenali melalui pegangan pistolnya yang hampir vertikal. ** Baca juga: Kaki Diamputasi Ganda, Pria Ini Sukses Mendaki Puncak Gunung Everest

Wow…(ilj/bbs)