oleh

Tongkat Komando Baret Merah Grup 1 Kopassus Berlanjut ke Letkol Inf Romel Jangga Wadhana

Kabar6-Tongkat estafet kepemimpinan di Grup 1 Kopassus berlanjut dari tangan Kolonel Inf I Gede Putra Yasa kepada Letkol Inf Romel Jangga Wardhana, lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 2000.

Serah terima jabatan itu berlangsung di Lapangan Hijau Asrama Grup 1 Kopassus, Serang, Banten dan dipimpin langsung oleh Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus, Mayjen TNI Iwan Setiawan.

Sebelumnya Letkol Inf Romel menjabat sebagai Wakil Asisten Perencanaan Kopassus. Selama berdinas Letkol Inf Romel merupakan Prajurit Kopassus yang memiliki segudang prestasi baik penugasan dalam negeri maupun luar negeri dan merupakan salah satu penerima penghargaan Sangkur Perak atas prestasi penugasan Operasi Tinombala tahun 2017 di Poso.

Dalam sambutannya Mayjen TNI Iwan Setiawan mengatakan, serah terima jabatan merupakan rangkaian dari prosesi Tour of Duty dan Tour of Area di lingkungan Kopassus, sebagai konsekuensi logis dari tuntutan kebutuhan organisasi sekaligus merupakan upaya penyegaran dalam rangka pembinaan personel sebagai bagian dari pembinaan satuan.

“Serah terima jabatan merupakan hal yang biasa terjadi, dalam rangka proses pembinaan personel dan pembinaan satuan, sebagai konsekuensi logis dari tuntutan kebutuhan organisasi,” jelas lulusan Akmil 1992 ini, Rabu (20/07/2022).

Lebih lanjut dijelaskan Danjen Kopassus, dalam pembinaan tradisi di lingkungan Kopassus, kegiatan tersebut merupakan manivestasi jiwa dan semangat Pancasila, Sumpah Prajurit dan Sapta Marga serta Janji Prajurit Komando dengan tujuan untuk membangkitkan semangat perjuangan, pengabdian dan pengorbanan dalam rangka memelihara identitas dan soliditas satuan.

**Baca juga: Nyambi Jual Sabu, Pengamen di Kota Serang Ditangkap Polisi

Mayjen TNI Iwan Setiawan selaku Danjen Kopassus berharap, jalinan silaturahmi jangan sampai terputus dan sebagai prajurit Komando, hendaknya dapat menjunjung tinggi dan mempertahankan derajat, nama, kehormatan dan jiwa kesatuan para komando yang menuntut para Perwira untuk selalu berbuat yang terbaik dimanapun berada dan bertugas.

Menutup amanatnya, Jenderal bintang dua itu berharap, melalui alih tugas dan jabatan ini para perwira akan semakin mampu kreatif, sehingga dapat melahirkan ide serta pemikiran baru yang lebih segar dalam rangka memberikan pengabdian terbaik demi kemajuan TNI AD khususnya Kopassus.(Dhi)