oleh

Tolak Penambangan Pasir Laut, Ribuan Warga Pesisir Demo DPRD Banten

Ilustrasi tolak penambangan.(foto; mongabay)

Kabar6-Ribuan masyarakat pesisir pantai utara Banten, berunjuk rasa di halaman Gedung DPRD Banten, di Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Rabu (13/4/2016).

Dalam aksinya, warga mendesak penghentian seluruh aktivitas penambangan pasir laut yang berlangsung di wilayah utara Banten.

“Sudah 12 tahun kami berjuang melawan ketamakan dan penindasan korporasi. Kami meminta pemerintah bertindak tegas untuk melindungi rakyat,” kata Septian, salah seorang warga dalam aksi demo tersebut. **Baca juga: Kapal Queen of Netherland Mulai “Keruk” Pulo Tunda.

Warga menduga, aktivitas penambangan pasir laut tersebut dibekingi para petinggi dan oknum TNI dan Polri. Dugaan itu merujuk aksi represif TNI dan Polri kepada rakyat yang berjuang menolak penambangan pasir laut. **Baca juga: Pemkab Tangerang Dukung PDAM TKR Jadi Perusahaan Kokoh.

“Kami meminta kekerasan yang dilakukan oleh TNI dan Pollri yang membekengi kapal-kapal ilegal segera dihentikan. Kami meminta pemerintah dan aparat bisa melindungi kami,” ujarnya.(fir)

Berita Terbaru