oleh

Tolak Makam Ki Buyut Jenggot Digusur, Warga Gelar Aksi Kubur Diri di Pemkot Tangerang

Kabar6-Warga Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, melakukan aksi kubur diri di depan kantor Wali Kota Tangerang, Kamis (29/9/2022). Aksi yang diikuti puluhan orang yang tergabung dalam tim 9 meminta Pemkot Tangerang menyatakan sikap untuk tidak melakukan relokasi terhadap makam Ki Buyut Jenggot yang berada kawasan pengembang Lippo.

Salah satu tokoh agama Kota Tangerang Khairul Azmi Abbas mengatakan kedatangan warga kali ini untuk memastikan jika Pemkot Tangerang bisa tegas menegur pengembang dan menyatakan tidak akan merelokasi makam tersebut.

“Makam ini merupakan sejarah perjuangan islam di Banten. Tidak boleh ada seorangpun yang menggeser makan waliyullah ini,” ujar Azmi.

Menurutnya, aksi masyarakat yang juga dilakukan dengan aksi kubur diri ini menggambarkan ihwal perilaku Eksekutif yang seakan tidak perduli terhadap masyarakat.

“Kemana mereka, kenapa tidak perduli dengan masyarakatnya, jangan hanya datang saat mereka butuh, mengemis saat membutuhkan suara saja,” ujarnya.

Azmi mengaku masyarakat tidak akan bergeser jika Wali Kota Tangerang tidak turun menemui masyarakat dan menyatakan sikap. Azmi berharap Pemkot Tangerang bisa mengerti kegelisahan masyarakatnya.

**Berita Tekait:Terancam Digusur, Ulama-Aktivis Siap Turun Menjaga Makam Syeh Ki Buyut Jenggot

Pemkot Tangerang Diminta Turun Tangan Tetapkan Makam Syekh Buyut Jenggot Jadi Cagar Budaya

“Sudah 10 Jumat kami menunggu, tapi apa? pengembang masih dengan leluasanya membangun dan tidak memberikan kepastian kepada kami. Semua jalur sudah kami tempuh dan ini adalah upaya kami agar pemerintah peduli dan memihak pada kami,” katanya.

Aksi tersebut juga petugas keamanan gabungan melakukan penjagaan secara ketat. 3 orang warga yang melakukan aksi kubur diripun masih bertahan di depan gerbang masuk Puspem Kota Tangerang. (Oke)