oleh

Tolak Kenaikan Harga BBM, Ratusan Mahasiswa Asal Tangsel Kembali Lakukan Aksi ke Jakarta

Kabar6-Ratusan mahasiswa asal Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang tergabung dalam Konsolidasi Mahasiswa Nasional Indonesia (KOMANDO) dan Front Milenial Jabodetabek (FMJ) kembali melakukan aksi demonstrasi ke Jakarta Pusat, Selasa 13 September 2022.

Aksi ini merupakan tindaklanjut dari aksi yang dilakukan pada Rabu 7 September 2022 di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Humas KBM Unpam, Irwansyah mengatakan, aksi ini merupakan aksi Nasional, seluruh elemen masyarakat akan bersatu di Patung Kuda, Jakarta Pusat.

“Untuk tuntutan khusus dari KBM Unpam dan kawan-kawan lainnya kita gak berubah dari yang sebelumnya, tiga tuntutan yang pasti adalah tolak kenaikan BBM (Bahan Bakar Minyak, red),” ujarnya kepada Kabar6.com di Bursa Kuliner depan Universitas Pamulang (Unpam), Setu.

Lanjutnya, tuntutan terkait negara menyatakan bahwa 70 persen itu yang mendapatkan BBM bersubsidi adalah masyarakat mampu. Maka, dirinya dengan tegas mengatakan merupakan suatu sikap yang keliru dari pemerintah.

“Bahwa Jelas di UUD (Undang-undang Dasar, red) pasal 33 ayat 3 itu disebutkan bahwa SDA (Sumber Daya Alam, red) ini dikelola oleh negara, dan diperuntukan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat,” ungkapnya.

“Nah, maka pemerintah jangan mencoba untuk mengkotak-kotakan rakyat yang mampu dan tidak mampu, nah itu yang keliru dari pemerintah,” tambahnya.

Irwan melanjutkan, disaat pemerintah menekan pihak swasta yaitu SPBU Vivo untuk menaikkan harga bensin RON 89, maka akan ada konsekuensi yang harus dibayar pemerintah ke Vivo.

“Maka dari itu di point tadi kita berbicara soal krisis kewibawaan lembaga dari negara, jadi kurang lebih hari ini nanti kita akan terpusat di sekitar Patung Kuda,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, aksi kali ini capaian dan harapannya adalah upaya yang sangat maksimal dari seluruh elemen. Karena menurutnya, berbicara BBM tidak akan selesai jika hanya mahasiswa saja yang turun.

**Baca juga: 26 Ribu Lebih Warga Tangsel Bakal Terima Dana Terdampak BBM

“Maka seluruh masyarakat harus ikut berjuang harus membersamai perjuangan ini, terkhsus juga pelajar,” paparnya.

Selain Komando dan FMJ, dijelaskannya, ada beberapa kampus sekitar Jabodetabek. “Yang tidak lain merupakan BEM SI Kerakyatan, yaitu ada kawan-kawan UI, UPN, serta poros lainnya, kampus-kampus di sekitar Jabodetabek,” tutupnya.(eka)