oleh

Tolak BPJS dan SJSN, Ribuan Buruh Kepung Pemkot Tangerang

Kabar6-Ribuan buruh dari berbagai aliansi se Tangerang Raya mengepung kantor Pusat Pemerintahan (Puspemkot) Tangerang di di Jalan Satria Sudirman, Kota Tangerang, Rabu (21/11/2012).

Aksi ini dilakukan buruh dengan berkonvoin menggunakan ribuan unit sepeda motor sebelum kemudian bertolak untuk menggelar aksi demo gabungan ke istana negara.

Dalam orasinya, buruh meminta pemerintah membatalkan UU Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan menggantinya dengan mengeluarkan peraturan pengganti UU tentang jaminan sosial.

Buruh mengancam, bila tuntutan mereka tidak dipenuhi oleh pemerintah, maka buruh akan menarik dana Jaminan Hari Tua (JHT) sebesar Rp. 167 Triliun yang berada di Jamsostek.

Buruh juga menilai bahwa UU BPJS atau SJSN membohongi rakyat, karena pada aplikasinya pekerja tetap dipungut iuran sebesar 2 persen belum termasuk iuran jaminan hari tua.

“Kami minta pemerintah mengabulan tuntutan kami (buruh). Bila tidak, maka kami akan menarik dana di Jamsostek. Karena tidak akan ada jaminan dana yang terkumpul akan aman,” ujar Hambali, Tim Advokasi Buruh.

Setelah puas berorasi, ribuan massa buruh bersepeda motor akhirnya bergerak menuju istana negara dengan berkonvoy dalam pengawalan ketat pihak kepolisian.(rani/arsa)

Berita Terbaru