oleh

Toko di Jepang Gantung Lembaran Plastik di Langit Ruangan untuk Terapkan Social Distancing

Kabar6-Demi menerapkan social distancing selama pandemi COVID-19, sejumlah toko di Jepang menerapkan pendekatan terbaru, yaitu dengan menggantung lembaran plastik di langit-langit ruangan untuk memberikan penghalang antara pelanggan dan staf di kasir.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, melansir Todayonline, telah menyatakan kondisi darurat yang diberlakukan di Ibu Kota Tokyo serta enam prefektur di negara tersebut sejak pekan lalu, sebagai upaya lebih lanjut mengendalikan wabah. Banyak pertokoan dan bisnis yang dianggap tidak penting telah ditutup, tetapi toko-toko seperti swalayan dan apotek tetap dibuka.

Terdapat sekira 58 ribu toko serba ada di seluruh Jepang. Sebagian besar dari toko-toko ini pun dibuka selama 24 jam, dengan produk-produk yang dijual mencakup makanan siap saji, hingga minuman-minuman. Selain itu, layanan pengiriman paket dan pembayaran tagihan juga tersedia di sana.

Pemilik 7-Eleven, Seven & i Holdings, telah meminta pekerja toko untuk mengenakan masker, memeriksa suhu mereka, sering mencuci tangan, dan mensterilkan permukaan.

Sejumlah ilmuwan juga mengatakan virus dapat tetap menular di tetesan di udara selama berjam-jam dan di permukaan selama berhari-hari. ** Baca juga: Physical Distancing COVID-19, Pastor di Polandia Tawarkan Pengakuan Dosa Secara Drive Thru

Sejauh ini, Jepang mencatat 7.411 kasus Covid-19 dan 138 kematian hingga Senin (13/4) kemarin. Sebanyak lebih dari 2.000 kasus dilaporkan berasal dari Tokyo, di mana jumlah meningkat dengan tajam sejak akhir Maret.(ilj/bbs)

Berita Terbaru