oleh

Toilet Duduk Tidak Disarankan?

Kabar6-Selain toilet jongkok, saat ini sudah banyak rumah yang memiliki toilet duduk, khususnya mereka yang tinggal di daerah perkotaan.

Di sejumlah pusat keramaian seperti mall, stasiun, bandara, hingga rumah sakit, lebih sering menggunakan toilet duduk dibanding jongkok. Di sisi lain, banyak orang yang enggan menggunakan toilet duduk dengan alasan tidak baik untuk kesehatan. Benarkah demikian?

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Digestive Diseases and Sciences, Dov Sikirov, melansir Okezone, disebutkan bahwa berjongkok atau duduk saat di toilet ternyata mempengaruhi kelancaran saat buang air besar (BAB). Alhasil, toilet jongkok dianggap lebih menyehatkan karena dapat memperlancar BAB.

Namun, hasil penelitian tersebut menjadi perdebatan karena toilet duduk memiliki banyak variasi dan juga bisa memperlancar BAB. Seorang terapis fisik kesehatan wanita bernama Brianne Grogan, justru menjelaskan bahwa buang air kecil dengan cara berjongkok dapat menyebabkan pengosongan kandung kemih yang tidak tuntas, hingga akhirnya dapat menyebabkan peningkatan frekuensi dan urgensi buang air kecil. Dalam kasus-kasus ekstrem, dapat meningkatkan infeksi kandung kemih.

Sebenarnya, kita juga tidak perlu takut akan kuman ketika duduk di toilet umum. Ini karena bentuk permukaan dudukan kloset telah didesain khusus agar bakteri tak dapat hidup di sana.

Pendapat ini diperkuat dengan pernyataan ahli mikrobiologi klinis dari Universitas Leicester, Dr. Primrose Freestone, bahwa menggunakan toilet umum tak akan terkena penyakit menular. ** Baca juga: Benarkah Mendengarkan Musik Bantu Anda Merasa Senang?

“Mengalami infeksi oleh kuman hanya dengan duduk di kursi toilet sangat tidak mungkin, kebanyakan penyakit usus melibatkan transfer bakteri dari tangan ke mulut bukan dari kulit. Kulit manusia juga ditutupi oleh lapisan bakteri dan ragi yang berfungsi sebagai pelindung yang sangat efektif,” urainya.

Jadi pilihan ada di tangan Anda, dan yang terpenting adalah tetap menjaga kebersihan sebelum dan sesudah menggunakan toilet.(ilj/bbs)

Berita Terbaru