oleh

TNI, Polri, dan Pemerintah Siapkan Pilkada di Banten Aman dari Covid-19

Kabar6-Pelaksanaan pilkada serentak di empat kabupaten dan kota di Banten menjadi perhatian serius berbagai elemen, lantaran berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Pencegahan dan penanganan selama helatan pilkada menjadi tanggung jawab bersama agar tidak terciptanya cluster baru virus Covid-19.

Wakil gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy mengatakan, penyelenggaraan pilkada diharapkan terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan satgas covid-19 disetiap daerah, untuk terus menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Sosialisasi pilkada serentak 2020 Luber, Jurdil, dan aman dari Covid-19 agar senantiasa disosialisasikan penyelenggara pilkada bekerjasama pemerintah kabupaten kota dan media massa,” kata Andika melalui keterangan tertulisnya, Kamis (26/11/2020).

Selain itu, penyediaan alat pelindung diri (APD), sterilisasi bilik suara, sarung tangan, dan hand sanitizer sesuai protokol kesehatan penanganan Covid-19 agar diperhatikan secara seksama, sehingga anggaran untuk penyediaan APD dapat terakomodir dalam anggaran Pilkada Serentak Tahun 2020. **Baca Juga :Petugas PLN Tewas Tersengat Listrik saat Benahi Kabel di Atas Pohon di Periuk

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, TNI bakal mengambil tindakan tegas membubarkan kerumunan massa yang berpotensi menjadi transmisi penularan virus Covid-19. Pangdam menegaskan bila massa sudah diperingatkan tapi tidak diindahkan, maka TNI akan turun tangan membantu Polisi dan Satpol PP membubarkan massa.

“Kalau kita semua bisa menjaga protokol kesehatan, tentu akan mengurangi perkembangan Covid-19 di Banten. Kalau misalkan sudah diingatkan tidak mau mengikuti, ya nanti Polisi dan Satpol PP akan mengambil tindakan dan diback-up oleh TNI, kita bubarkan karena itu sudah melanggar protokol kesehatan,” tegasnya. (dhi)

Berita Terbaru