oleh

Tips Membedakan Es Batu Air Matang & Mentah

Kabar6-Minuman dingin sangat digemari terutama bagi masyarakat daerah tropis seperti Indonesia, terlebih jika musim kemarau.

 

Nah, salah satunya adalah dengan mencampurkan es batu dengan sirop, teh, atau es buah. Namun tahukan Anda jika saat ini banyak es batu yang dijual di pasaran terbuat dari air mentah?

 

Dalam es batu yang dibuat dari air mentah, banyak terkandung bakteri Escherichia coli (E.coli), yang dapat menyebabkan masalah serius pada pencernaan.

 

Mengkonsumsi air mentah yang mengandung bakteri E.coli, dapat mengakibatkan seseorang memiliki peningkatan risiko terkena darah tinggi, masalah ginjal, dan penyakit jantung di kemudian hari.

 

Nah, bagaimana sih cara membedakan es batu yang dibuat dari air mentah dengan air yang sudah dimasak?

 

1. Es batu yang dibuat dari air matang cenderung terlihat bening seperti kristal. Hal itu karena ketika air tersebut masih dalam proses perebusan, gas yang terdapat pada air terlepas, dan menjadikan air hanya mempunyai sedikit gas.

 

2. Es batu yang terbuat dari air mentah, memiliki warna putih seperti salju. Selain itu juga terdapat gelembung-gelembung dalam es.

 

Hal itu disebabkan karena air mentah masih memiliki banyak gas atau oksigen, karena tidak adanya proses perebusan air terlebih dahulu. ** Baca juga: Waspadai Zat Berbahaya Dalam Kolam Renang

 

Mudah bukan cara membedakannya? Jadi hindari menggunakan es yang terbuat dari air mentah, agar Anda terhindar dari penyakit berbahaya di kemudian hari. (ilj/bbs)

Berita Terbaru