oleh

Tips Agar Ginjal Tetap Sehat

Kabar6-Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin.

 

Pentingnya organ ginjal membuat kita harus senantiasa menjaga kesehatannya. Bagaimana agar ginjal tetap sehat? Berikut tipsnya:

 

1. Mengatur pola makan dan mengonsumsi makanan yang bergizi. Pilihlah buah-buahan serta sayuran yang ditanam tanpa menggunakan pupuk kimia (organik). Jauhi makanan olahan, kurangi konsumsi garam berlebih, serta konsumsi ikan atau daging putih tanpa lemak.

 

2. Menjaga pencernaan dengan menambah konsumsi makanan probiotik dan prebiotik serta makanan yang kaya serat.

 

3. Usahakan menghentikan kebiasaan merokok, karena kandungan nikotin dalam rokok berperan penting dalam gangguan ginjal.

 

4. Hilangkan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol, karena mengakibatkan peningkatan tekanan darah dalam tubuh, yang pada akhirnya akan mengganggu ginjal.

 

5. Konsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan, sangat penting untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjal.

 

6. Rutin berolahraga seperti jalan kaki atau berlari setiap pagi. ** Baca juga: Usir Lemak di Perut Tanpa Olahraga

 

7. Hindari mengonsumsi beberapa obat antibiotik dan anti nyeri secara berlebihan, karena dapat merusak ginjal. Sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

 

Jaga ginjal Anda sebagai tabungan kesehatan di masa mendatang. (ilj/bbs)

Berita Terbaru