oleh

Tiongkok Gunakan Teknologi AI untuk Lacak Warganya yang Tidak Pakai Masker di Tempat Umum

Kabar6-Pandemi COVID-19 yang belum berakhir membuat pemerintah Tiongkok semakin waspada dan mengimbau seluruh warganya agar menggunakan masker saat sedang bepergian ke luar rumah.

Untuk itulah, melansir thenextweb, pemerintah Tiongkok diketahui telah menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) milik Baidu untuk memantau dan melacak warganya yang tidak menggunakan masker saat berada di tempat umum.

Hal ini dilakukan karena masih ada warga di Tiongkok yang bandel dan tidak ingin memakai masker saat keluar rumah. Padahal, penggunaan masker sendiri bertujuan untuk melindungi diri dan orang lain dari virus Corona tersebut.

Diketahui, teknologi Artificial Intelligence milik Baidu tersebut sebenarnya sudah dikembangkan sejak beberapa tahun yang lalu. Saat ini AI buatan mereka dapat mengidentifikasi 100 ribu gambar dengan tingkat akurasi sebesar 96,5 persen. ** Baca juga: Sebulan Lagi, Vaksin COVID-19 Diproduksi

Namun sampai saat ini masih belum diketahui apa yang akan dilakukan oleh pemerintah Tiongkok saat sudah menemukan orang yang tidak menggunakan masker. Apakah hanya diberi peringatan saja, atau dikenakan denda uang, bahkan kurungan penjara.(ilj/bbs)

Berita Terbaru