oleh

Tingkatkan Minat Literasi SDN Tanah Tinggi 1 Wajibkan Membaca

Kabar6-SDN Tanah Tinggi 1 Kota Tangerang mewajibkan seluruh siswa sebelum belajar untuk membaca buku terlebih dahulu.

Pasalnya, hal itu untuk meningkatkan minat literasi siswa untuk meningkatkan ilmu pengetahuan.

Kepala Sekolah SDN Tanah Tinggi 1, Yetti Sulistiawati, mengatakan setiap siswa dibawajibkan membaca buku umum sebelum dimulai jam belajar, hal itu guna meningkatkan minat literasi siswa untuk meningkatkan ilmu pengetahuan.

“Anak diharuskan membaca buku sebelum dimulai jam belajar selama 15 menit, sementara hari sabtu dikumpulkan semua dilapangan untuk membaca bersama,” ujar Yetti saat dijumpai di SDN Tanah Tinggi 1, Rabu (28/8/2019).

Kendati demikian, setelah membaca anak-anak juga diminta untuk menceritakan kembali dari buku yang sudah dibaca kedepan teman-temannya untuk melatih keberanian. Selain itu, dituntut juga untuk memahami dari bacaan tersebut.

“Mereka tidak hanya membaca tapi harus memahami dari apa yang dibaca itu untuk diceritakan didepan teman-temannya sebagai untuk melatih keberanian siswa,” tambahnya.

Gerakan literasi tersebut sudah diterapkan dari 2017, dimulai dari siswa kelas 1 sampai siswa kelas 6. Saat ini, SDN Tanah Tinggi mempunyai siswa berjumlah 447 orang siswa.

Yetti menjelaskan, pihaknya mempunyai target untuk mengukur banyak buku yang dibaca oleh siswa selama 1 minggu. Namun, ia juga mempunyai catatan siswa harus memahami dan dapat menceritan apa yang dibaca tersebut.**Baca juga: Bupati Zaki Sambut Peserta Mukernas Persada ID.

“Jadi saya menginginkan minat baca yang tinggi, karena ini menambah ilmu pengetahuan,” jelasnya.(Oke)

Berita Terbaru