oleh

Tingkatkan Metabolisme Tubuh di Pagi Hari dengan 3 Cara Sederhana

Kabar6-Setiap makhluk hidup bisa berfungsi dan bertahan hidup berkat adanya metabolisme tubuh. Metabolisme adalah proses pengolahan zat gizi makanan yang telah diserap oleh tubuh untuk diubah menjadi energi.

Nah, energi yang terbentuk selanjutnya digunakan untuk menunjang segala fungsi tubuh, dari bernapas, berpikir, bertumbuh, hingga setiap pergerakan Anda untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Proses ini terdiri dari serangkaian reaksi kimia yang terjadi pada sel-sel tubuh. Setiap reaksi kimia bekerja sesuai dengan fungsi tubuh lainnya. Faktanya, ribuan reaksi metabolisme terjadi secara serentak di bawah kendali tubuh untuk menjaga sel-sel tetap sehat dan berfungsi.

Bagaimana sih cara meningkatkan metabolisme tubuh di pagi hari? Melansir Womenshealthmag, ini tiga cara sederhana yang bisa dilakukan:

1. Olahraga
Berolahraga di pagi hari dapat membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh. Sejumlah penelitian mengungkapkan, berolahraga di pagi hari merupakan waktu olahraga yang paling baik.

Penelitian lain menemukan, berolahraga dengan intensitas tinggi selama 2,5 menit dapat meningkatkan pembakaran lemak tubuh Anda di sepanjang hari, bahkan hingga lebih dari 200 kalori.

Berbagai jenis olahraga yang berfungsi untuk membentuk otot dapat membantu membakar lebih banyak lemak. Oleh karena itu, mulailah olahraga pagi Anda dengan latihan otot. Selain dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh, olahraga ini juga dapat membantu membentuk otot tubuh Anda.

2. Sarapan
Jangan pernah melewatkan waktu sarapan Anda sesibuk apa pun Anda. Makan di pagi hari membantu menjaga fungsi dan metabolisme tubuh Anda tetap bekerja dengan semaksimal mungkin.

3. Camilan pagi
Mungkin Anda termasuk orang yang sulit melepaskan kebiasaan mengemil, padahal sangat ingin menurunkan berat badan. Solusinya, Anda hanya perlu memilih jenis camilan dengan lebih cermat.

Camilan terbaik untuk membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh Anda adalah yang mengandung berbagai jenis antioksidan dan protein yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. ** Baca juga: 8 Fakta Menarik Tentang Bersin

Yuk, dicoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru