oleh

Tingkatkan Kawasan Hijau, Thailand Izinkan Warganya Pinjam Uang ke Bank Pakai Durian

Kabar6-Kebijakan pohon untuk pinjaman, yang mengizinkan pohon digunakan sebagai jaminan bank, telah menunjukkan hasil yang menggembirakan. Ya, pemerintah Thailand dilaporkan mengizinkan warganya untuk mengambil pinjaman bank menggunakan durian.

Sejumlah pohon yang diterima dalam pertukaran, melansir gamescott, termasuk durian, jati, asam, kayu hitam, kayu hitam Burma, dan nangka. Hal ini membuat Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-cha, mendorong rakyatnya untuk menanam lebih banyak pohon-pohon tersebut.

“Kebijakan dari Departemen Pengembangan Bisnis telah mengarahkan masyarakat pedesaan dalam perusahaan tentang manfaat menanam pohon yang berharga,” kata Ratchada Thanadirek, Wakil Juru Bicara Pemerintah. “Selanjutnya, itu berada di bawah yurisdiksi Kementerian Perdagangan dan membuat semakin banyak warga yang tertarik dengan kebijakan tersebut.”

Thanadirek juga menjelaskan, skema penanaman pohon ini merupakan bagian dari gagasan PM Chan-o-cha untuk meningkatkan kawasan hijau di Thailand. Bahkan, kebijakan tersebut juga memudahkan warga desa untuk mendapatkan pinjaman dari bank.

Pada 20 Mei, sebanyak 146 ribu pohon telah didaftarkan sebagai jaminan untuk pinjaman senilai sekira Rp57,9. Dari jumlah tersebut, 318 terdaftar di Bank untuk Pertanian dan Koperasi Pertanian untuk pinjaman senilai sekira Rp1,2 miliar. ** Baca juga: Militer Kanada Lakukan Reformasi Kode Pakaian yang Radikal, Izinkan Pria Memakai Rok

Kemudian sebanyak 23 ribu pohon dengan Krung Thai Bank seharga sekira Rp54 miliar dan 120 ribu pohon dengan organisasi keuangan kecil seharga sekira Rp2,5 miliar.

“Perdana menteri sangat mementingkan menanam pohon yang berharga, karena tidak hanya akan membuat negara lebih hijau, tetapi juga dapat digunakan sebagai jaminan pinjaman,” kata Thanadirek.(ilj/bbs)