Tinggal Seharian di Rumah Tidak Menjamin Bebas Polusi Udara, Lho

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Selama ini mungkin Anda mengira bahwa menghabiskan waktu seharian di rumah akan terhindar dari polusi udara. Benarkah demikian?

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan US Environmental Protection Agency (EPA) atau Lembaga Perlindungan Lingkungan di Amerika Serikat, melansir tempo.co, menyimpulkan bahwa polusi udara di dalam rumah lebih besar dua sampai lima kali lipat dibandingkan dengan udara di luar rumah atau ruangan.

Kualitas udara yang kurang baik, disebutkan menjadi sumber radikal bebas yang dapat mempercepat penuaan dan kematian sel. Kondisi ini akan mengakibatkan penurunan sistem kekebalan dan proses degeneratif sel-sel dan jaringan yang kemudian meningkatkan risiko serangan penyakit mulai dari infeksi, hingga penyakit sistem pernapasan, kulit, kardiovaskuler, bahkan serangan kanker.

Hal yang tidak disadari sebagian masyarakat perkotaan, menghabiskan hingga 90 persen dari waktunya berada di dalam ruangan dengan polutan yang sama berbahayanya dengan di luar ruangan.

Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh buruknya ventilasi udara atau cahaya, polusi dari perabot dan panel kayu, serta asap rokok. Karena itulah penghuni perlu melakukan beberapa upaya untuk menjaga kualitas udara di dalam rumah.

Salah satunya adalah membuka jendela pada pagi hari. Selain itu, pintu ventilasi udara rumah memberikan banyak manfaat, terutama bila dilakukan pada pukul 8.00 hingga pukul 10.00.

Dengan membuka pintu dan jendela penghuni rumah akan mendapatkan udara segar yang banyak mengandung oksigen dan mengeluarkan udara kotor dari dalam, sehingga udara di rumah akan terasa menyegarkan.

Membuka jendela bermanfaat untuk memasukkan sinar matahari ke dalam rumah agar mengurangi kelembapan udara di dalam dan membunuh kuman, virus, atau bakteri.

Diketahui, udara yang terlalu lama di dalam ruangan tanpa perputaran atau sirkulasi akan menyebabkan kondisi ruangan menjadi lebih apek dan berbau tidak sedap. ** Baca juga: Jenis Karbohidrat Apa Sih yang Paling Sehat?

Nah, kondisi ini akan sangat mengganggu kesehatan karena dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit(ilj/bbs)