oleh

Tim Medis di Austria Keliru Amputasi Kaki Seorang Pasien

Kabar6-Seorang pria lansia berusia 82 tahun menjadi korban salah amputasi kaki sebuah rumah sakit di Austria. Seharusnya, kaki kiri pria itua yang diamputasi. Tapi yang terjadi, tim medis keliru dengan mengamputasi kaki kanannya.

“Kami sangat terkejut bahwa pada hari Selasa, 18 Mei, meskipun ada standar jaminan kualitas, kaki yang salah dari seorang pria berusia 82 tahun…diamputasi,” demikian pernyataan dari Friestadt Clinic.

“Sayangnya kekeliruan, di mana kaki kanan diangkat, bukan (kaki) kiri, terjadi sebagai akibat dari serangkaian keadaan yang tidak menguntungkan,” lanjut pihak rumah sakit. ** Baca juga: Gedung Putih ‘Gandeng’ Situs Kencan Online untuk Bujuk Warganya Agar Mau Divaksin COVID-19

Operasi yang keliru pada 18 Mei tersebut, melansir insideedition, tidak diketahui sampai semingu setelah direktur medis Friestadt Clinic, Dr Norbert Fritisch, mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers. Karena kondisi pria tadi, Dr Fritisch juga tidak menyadari kekeliruan amputasi sampai akhirnya kedua putrinya memberitahu.

Dilaporkan, dokter sangat berpengalaman yang bertanggung jawab saat ini sedang cuti atas permintaannya sendiri. “Kita harus mencari tahu bagaimana kegagalan ini, kesalahan ini bisa terjadi. Saya ingin meminta maaf secara terbuka di sini,” ujar Dr Fritsch.

Kini pihak rumah sakit bermaksud untuk mengamputasi kaki yang benar-benar sakit dari bagian tengah paha, dengan prosedur yang akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan setelah pasien memberikan persetujuan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru