oleh

Tim Ilmuwan Tel Aviv Ciptakan Robot dengan Kemampuan Mengendus 10 Ribu Kali

Kabar6-Ilmuwan Universitas Tel Aviv, Israel, mengklaim telah sukses menciptakan robot yang memiliki indera penciuman, dengan kemampuan mengendus 10 ribu kali lebih banyak dibanding barang elektronik lain yang ada saat ini.

Robot canggih dengan kemampuan layaknya manusia ini, melansir Yahoo, dibekali dengan sensor antena menyerupai belalang dan juga kecerdasan buatan. Para ilmuwan menggambarkan, robot yang mereka ciptakan sebagai platform bio-hybrid. Secara lebih detail, robot memiliki satu set antena yang diambil dari belalang gurun, yang terhubung ke sistem elektronik yang mengukur jumlah sinyal listrik yang dihasilkan oleh antena ketika mendeteksi bau.

Mereka juga memasangkan robot dengan algoritma yang bisa menggali kemampuannya sendiri. Dengan algoritma tersebut, robot bisa mengkarakterisasi bau melalui output sinyalnya. ** Baca juga: Punya Berat Sekira 2,7 Kg, Toadzilla Jadi Katak Terbesar di Hutan Australia

Dengan cara ini, tim menciptakan sistem yang secara andal dapat membedakan antara delapan bau secara alami, termasuk geranium, lemon, dan marzipan, dan dua campuran dari bau yang berbeda.

Para ilmuwan mengatakan, robot mereka suatu hari nanti dapat digunakan untuk mendeteksi obat-obatan dan bahan peledak.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email