oleh

Tim Catur Indonesia Raih Intenasional Master

Kabar6-Satu lagi prestasi membanggakan berhasil diraih para pelajar Indonesia dalam ajang kejuaran dunia.

Ya, Tim Catur Pelajar Indonesia mengaharumkan nama bangsa, setelah berhasil menyabet juara umum pada ‘World Schools Chess Championship’ ke 10, yang digelar di Juiz de Fora Citty, Brazil.

Dalam ajang adu catur yang dihelat sejak 26 November hingga 4 Desember 2014 lalu, Tim Indonesia mendapatkan 4 emas, 3 perak serta 1 perunggu.

Bahkan, prestasi membanggakan lainnya adalah diraihnya gelar ‘women grand master’ oleh Medina Warda Aulia (17).

Berikut 8 dari 12 pecatur junior Indonesia, dengan raihannya.

Medali emas diraih oleh, Novendra Priasmoro (15), Medina Warda Aulia (17), Afifa Ayyun Faruq (15) dan Paulina Theodora Walukov (11).

Kemudian, medali perak diraih oleh, Yoseph Theolius Taher (17), Michael Owen (13) dan Evi Yuliana (13). Sedangkan, medali perunggu diraih oleh Metalika Widya Diantika (13).

“Ini tentu merupakan hal yang sangat menggembirakan dan sangat membanggakan. Karena dengan 12 pecatur saja, kita bisa mengungguli ratusan pecatur dunia, khususnya tuan rumah Brazil serta negara Amerika Latin lainnya,” kata Hashim Djojohadikusumo, Ketua Umum PB Percasi, saat menyambut kedatangan tim catur junior Indonesia, di Terminal 2E, Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang, Sabtu (6/12/2014).

Hashim juga menambahkan, bahwa keikutsertaan tim catur Indonesia dalam ajang tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen PB Percasi terhadap pemerintah, untuk meningkatkan kualitas pecatur muda, dengan terus menerus mengikutsertakan dalam setiap perlombaan internasional, agar lebih terlatih dan terbiasa menghadapi tandingan dari mancanegara.

“Ini adalah waktu yang tepat untuk menyelesaikan semua pekerjaan rumah dibidang pengembangan olahraga. Dengan memberi sebanyak mungkin pengalaman internasional, agar kita pun dapat berbicara di kelas dunia,” pungkasnya. **Baca juga: Rano Akui Bangga Dengan Prestasi MBGSB.

Untuk diketahui, kejuaraan catur pelajar kelas dunia ke 10 ini diikuti oleh sebanyak 27 negara, yang sebagian besar berasal dari Amerika Latin.(ges)

Berita Terbaru