Awasi Anggaran Pilkada, Tim Asistensi Polri Diterjunkan ke Polda Banten

Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (dhi)

Kabar6-Mabes Polri menurunkan Tim Asistensi yang terdiri dari 2 Jenderal bintang satu dan 3 Kombes ke Polda Banten, Senin (29/1/2018).

Hal ini bertujuan untuk menjaga efektivitas dan efesiensi energi dan anggaran selama masa pelaksanaan Pilkada serentak pada Juni 2018 mendatang.

Ketua Tim Asistensi Brigjen Pol Petrus Hardana mengatakan, pihaknya turun ke Polda Banten dalam rangka menjalankan tugas untuk selalu memonitor setiap gerakan para personel Polri di tanah jawara ini dalam melakukan pengamanan Pilkada serentak dan akan memberikan arahan manakala diperlukan.

“Kami ditugaskan untuk mengawasi setiap kegiatan seluruh personel di Polda Banten dalam pengamanan Pilkada, khususnya terkait efektifitas dan efisiensi anggaran, jika diperlukan kami siap memberikan arahan,” ungkap Brigjen Pol Petrus, saat menggelar pertemuan dengan Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersama jajarannya.

Sementara itu, Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo menambahkan, dalam rangka melaksanakan pengamanan Pilkada serentak, pihaknya telah melakukan langkah-langkah, seperti melaksanakan rapat koordinasi dengan KPU, Bawaslu dan Korem 064.

Langkah itu dilakukan guna menyamakan persepsi dalam menyelenggarakan Pilkada. Selain itu, Polda Banten juga telah menyiapkan personel dan melakukan pelatihan pengamanan Pilkada dan Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu).

“Kami juga sudah bentuk Tim Satgas Cyber, Tim Satgas money politik dan Tim Satgas Nusantara. Disamping itu, kami juga telah berkoordinasi dengan seluruh Pasangan Calon (Paslon) Bupati/Walikota, untuk melakukan ikrar guna menjaga keamanan dan ketertiban jalannya Pilkada serentak. Untuk mempermudah adanya pengaduan masyarakat Polda Banten telah menyiapkan aplikasi E-gakumdu,” kata Kapolda Listyo

Diketahui, di wilayah hukum Polda Banten tercatat ada 3 Kabupaten/Kota yang ikut serta dalam pesta demokrasi serentak pada Juni 2018 mentang.**Baca juga: Hemat Anggaran, KPU Tangerang Diminta Sederhanakan Pilkada Calon Tunggal.

Ketiga daerah itu, diantaranya Kabupaten Tangerang dengan dengan Paslon Ahmed Zaki Iskandar- Mad Romli lawan Kotak Kosong, Kota Serang, Paslon Vera N- NH, Safrudin-Subadri, Pasangan Independen 2 Paslon dan Kabupaten Lebak, Iti – Ade S lawan Paslon Independen.(Tim K6)